Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:03 WIB | Jumat, 24 Maret 2017

Tabir Surya Alami Rambut Jagung Buatan Universitas Brawijaya

Ilustrasi: rambut jagung ternyata memiliki manfaat sebagi tabir surya alami. Dosen jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), Rosalina Ariesta Laeliocattleya, SSi MSi telah membuat penelitiannya, dengan rambut jagung sebagai tabir surya. (Foto: farmasi.ugm.ac.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM – Melimpahnya limbah rambut jagung tanpa pengolahan yang memadai, menginspirasi salah satu dosen jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), Rosalina Ariesta Laeliocattleya, SSi MSi memanfaatkannya sebagai tabir surya.

Rosalina, yang merupakan dosen Kimia Dasar, Kimia Pangan dan Biokimia memaparkan bahwa kandungan nutrisi rambut jagung mampu melindungi kulit dari paparan matahari dengan perlindungan sebesar SPF 25, sehingga sangat potensial dikembangkan lebih lanjut sebagai tabir surya alami.

"Saat ini, di Indonesia masih sangat jarang kosmetika berbahan alami. Di sisi lain kita memiliki rambut jagung yang belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal dari penelitian yang kami lakukan di laboratorium, rambut jagung ini memiliki kandungan nutrisi penangkal sinar matahari.  Berdasarkan uji laboratorium yang kami lakukan nilai Sun Protection Factor (SPF) rambut jagung ini mencapai 25.8 lho. Padahal nilai perlindungan UV yang baik adalah SPF diatas 15. Dengan demikian rambut jagung ini sangat potensial sekali bila dimanfaatkan sebagai tabir surya, " katanya, yang dilansir situs ub.ac.id.

"Proses pembuatan tabir surya alami ini pun relatif sederhana, setelah proses pencucian dan pengeringan, rambut jagung itu akan diserbukkan untuk kemudian diekstrak dan diuji. Mengingat melimpahnya bahan baku, proses pembuatannya yang relatif mudah serta lebih ramah lingkungan, produk ini sangat potensial untuk dikembangkan lebih lanjut berkolaborasi dengan farmasi dan industri. Di masa mendatang saya optimis untuk mengembangkan tabir surya ini karena lebih aman bagi kulit mengingat bahannya yang alami." katanya.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home