Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 16:28 WIB | Selasa, 16 Februari 2016

Tahun 2019, Pertumbuhan Industri Non-Migas 8,4 Persen

Menteri Perindustrian Saleh Husin ( Foto Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Perindustrian akan meningkatkan pertumbuhan industri pengolahan nonmigas hingga 8,4 persen pada 2019, sekaligus peningkatan kontribusi industri pengolahan non migas terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 19,4 persen.

"Ini harus dilakukan demi penguatan struktur industri melalui pembangunan industri hulu yang diintegrasikan dengan industri antara dan industri hilirnya," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam Rapat Kerja Kemenperin di Jakarta, pada hari Selasa (16/2).

Saleh juga mengatakan, pihaknya akan menyerap tenaga kerja di sektor Industri sebesar 17,8 juta orang pada 2019.

"Peningkatan nilai tambah sumber daya alam pada industri hulu berbasis agro, mineral, serta migas dan batubara menjadi kebijakan pengembangan industri nasional," tambanya

Sumber daya industri juga akan didorong demi memenuhi kebutuhan tenaga kerja sektor industri rata-rata 600 ribu orang per tahun, penumbuhan 20 ribu wirausaha baru industri kecil dan 4500 usaha baru industri skala menengah dan sertifikasi tenaga kerja dan calon tenaga kerja.

"Kebutuhan modal yang besar untuk mengembangkan industri hulu dan hilir juga menjadi konsentrasi Kemenperin," kata Saleh.

Untuk itu diperlukan penyediaan sumber pembiayaan industri melalui penanaman modal pemerintah dalam pembangunan industri hulu dan industri strategis serta pmberian subsidi bunga pinjaman bagi industri prioritas.

Kemenperin telah menetapkan 10 industri prioritas meliputi industri pangan; farmasi, kosmetik, alat kesehatan; tekstil, kulit, alas kaki dan aneka; alat transportasi; dan elektronika dan telematika.

Selain itu, industri pembangkit energi; barang modal, komponen, bahan penolong dan jasa industri; industri hulu agro logam dasar dan bahan galian bukan logam; serta kimia dasar berbasis migas dan batubara. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home