Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 05:41 WIB | Kamis, 26 Januari 2023

Tahun 2022: 67 Jurnalis di Seluruh Dunia Tewas Dibunuh

Jurnalis bekerja di dekat bangunan yang terkena serangan rudal Rusia di distrik Shevchenkivskyi Kiev, Ukraina (Foto: dok. Serhii Nuzhnenko/Reuters]

SATUHARAPAN.COM - Pembunuhan terhadap jurnalis di seluruh dunia melonjak 50% pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya, sebagian besar didorong oleh serangan di Ukraina, Meksiko, dan Haiti.

Menurut sebuah laporan pada hari Selasa (24/1) oleh Komite untuk Melindungi Jurnalis  (CPJ) yang berbasis di New York, setidaknya 67 pekerja media berita tewas di seluruh dunia pada tahun 2022, jumlah tertinggi sejak 2018. Jurnalis di tiga negara tersebut mengatakan meningkatnya bahaya telah memaksa mereka bekerja di bawah tekanan ekstrem.

Efeknya sangat menonjol di Haiti, di mana tujuh jurnalis terbunuh pada tahun 2022, jumlah yang sangat besar untuk negara pulau kecil berpenduduk sekitar 12 juta orang. Beberapa dibunuh oleh geng jalanan yang kejam yang pada dasarnya mengambil alih ibu kota, Port au Prince, tetapi setidaknya dua orang ditembak oleh polisi.

Reporter Radio Caraibes Mackenson Remy, yang masih meliput berita di jalan, mengatakan wartawan tidak lagi tahu siapa yang harus dipercaya.

“Pemberitaan di Haiti saat ini sangat sulit bagi jurnalis, khususnya di ibu kota,” kata Remy. “Korupsi ada di mana-mana; tidak ada seorang pun yang dapat Anda andalkan.”

Remy membandingkan pekerjaannya mengemudi di jalan-jalan kota, diubah menjadi wilayah geng, dengan film tahun 1998 "The Truman Show",di mana protagonis selalu merasa seperti sedang diawasi.

CPJ mencatat bahwa lebih dari separuh — 35 dari 67 pembunuhan — terjadi hanya di tiga negara: Ukraina, Meksiko, dan Haiti. Meksiko mencatat 13 pekerja berita tewas, menurut komite. Kelompok media lain menyebutkan jumlahnya 15, yang akan menjadikan 2022 sebagai tahun paling mematikan dalam setidaknya tiga dekade bagi jurnalis Meksiko. Di Ukraina yang dilanda perang, 15 pekerja berita tewas tahun lalu, kata CPJ.

CPJ mengatakan telah mengkonfirmasi bahwa 41 dari 67 jurnalis tewas "sehubungan langsung dengan pekerjaan mereka," dan sedang menyelidiki motif pembunuhan 26 lainnya.

CPJ mengatakan wartawan yang meliput perang di Ukraina menghadapi risiko yang sangat besar. “Anggota pers sering terluka oleh penembakan saat meliput konflik, dan beberapa melaporkan bahwa mereka telah menjadi sasaran pasukan Rusia,” kata komite tersebut dalam laporannya.

Di Meksiko, pembunuhan tampaknya disebabkan oleh campuran racun dari kekerasan geng narkoba, korupsi politik lokal, dan kurangnya hukuman bagi para pembunuh.

Sonia de Anda melapor untuk situs berita Esquina32 di kota perbatasan utara Tijuana, di mana dua jurnalis terbunuh dalam waktu sepekan pada Januari 2022. Dia mengatakan wartawan di sana telah mengubah kebiasaan kerja mereka atau meminta perlindungan polisi sejak pembunuhan tersebut.

“Ini mengubah seluruh dinamika kerja kami,” kata De Anda. “Jika wartawan pergi ke area berisiko tinggi yang lebih jauh, mereka akan memberi tahu rekan mereka ke mana mereka pergi.” Dia juga mencatat bahwa permintaan perlindungan resmi “meningkat secara eksponensial” setelah pembunuhan.

Pada 17 Januari 2022, fotografer kriminal Margarito Martínez ditembak mati di luar rumahnya. Lima hari kemudian pada 23 Januari, reporter Lourdes Maldonado López ditemukan tewas tertembak di dalam mobilnya.

Penyelidik mengatakan seorang bos geng narkoba setempat membayar orang-orang bersenjata sekitar US$1.000 untuk membunuh fotografer berita itu karena dia mengira Martínez telah mengambil foto dirinya atau keluarganya. Foto yang dimaksud bukan foto Martínez.

Pihak berwenang telah menangkap dan mengadili beberapa pria bersenjata berpangkat rendah, tetapi bukan mereka yang memerintahkan pembunuhan tersebut. "Pesan yang ditinggalkan pihak berwenang adalah bahwa siapa pun dapat datang dan membunuh Anda untuk US$1.000," kata CPJ.

Pembunuhan tahun 2022 juga termasuk empat jurnalis di Filipina, dan masing-masing dua di Kolombia, Brasil, dan Honduras. Dua wartawan masing-masing juga tewas di Bangladesh, India, Myanmar, Somalia dan Chad.

Seorang jurnalis terbunuh di Amerika Serikat tahun lalu, pada 2 September: Jeff German, seorang reporter Las Vegas Review-Journal. Seorang pejabat terpilih di wilayah Las Vegas yang artikel-artikelnya telah ditulis oleh orang Jerman telah mengaku tidak bersalah atas pembunuhan tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home