Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:37 WIB | Jumat, 01 Juli 2022

Taiwan: China Ingkar Janji untuk Otonomi Hong Kong

Anggota partai kecil, Partai Promosi Unifikasi China, di Taiwan menghadiri rapat umum untuk merayakan ulang tahun ke-25 kembalinya Hong Kong ke China, di luar gedung Bank of China di Taipei, Taiwan, pada 1 Juli 2022. (Foto: Reuters)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Kebebasan di Hong Kong telah "menghilang" dan China telah gagal memenuhi janjinya selama 50 tahun tanpa perubahan, kata Perdana Menteri Taiwan, Su Tseng-chang, pada hari Jumat (1/7), peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke pemerintahan China.

Presiden China, Xi Jinping, dalam kunjungan langka ke pusat keuangan global pada hari Jumat, mengambil sumpah pemimpin baru Hong Kong, mantan kepala keamanan, John Lee, yang diberi sanksi oleh Amerika Serikat atas perannya dalam menerapkan undang-undang keamanan nasional di sana.

Kebanyakan orang di Taiwan yang diklaim China tidak menunjukkan minat untuk dijalankan oleh pemerintahan Beijing, dan pemerintah telah berulang kali menolak tawaran China untuk "satu negara, dua sistem" untuk memerintah pulau itu, seperti halnya Hong Kong dan Makau.

Berbicara kepada wartawan di Taipei, Su mengatakan janji bahwa kehidupan akan berjalan seperti biasa di Hong Kong setelah serah terima tidak ditepati.

“Baru 25 tahun, dan di masa lalu janjinya 50 tahun tidak ada perubahan. 'Menari akan terus berlanjut dan kuda masih berlari' telah menghilang, dan bahkan kebebasan dan demokrasi telah lenyap,” tambah Su. Dia menggunakan ekspresi Hong Kong tentang bagaimana kehidupan tidak akan berubah di bawah pemerintahan China.

“Kami juga tahu bahwa kami harus berpegang teguh pada kedaulatan, kebebasan, dan demokrasi Taiwan,” tambah Su. "Apa yang disebut 'satu negara, dua sistem' China sama sekali tidak tahan uji."

Warga Taiwan Kutuk UU Keamanan Nasional Hong Kong

Protes anti pemerintah di Hong Kong, diikuti oleh tindakan keras dan penerapan undang-undang keamanan nasional yang keras telah dikutuk secara luas di Taiwan yang demokratis. Beijing dan pemerintah Hong Kong mengatakan undang-undang itu diperlukan untuk memulihkan stabilitas kota.

Inggris mengembalikan Hong Kong ke pemerintahan China pada 1 Juli 1997, di bawah formula “satu negara, dua sistem” yang menjamin otonomi luas dan independensi peradilan yang tidak terlihat di China daratan.

Kritik terhadap pemerintah, termasuk negara-negara Barat, menuduh pihak berwenang menginjak-injak kebebasan itu, yang ditolak Beijing dan Hong Kong.

China telah meningkatkan tekanan militer dan politiknya untuk membuat Taiwan menerima kedaulatan China. Pemerintah Taiwan mengatakan hanya penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depan mereka.

Kemudian pada hari Jumat, Partai Promosi Unifikasi China kecil Taiwan mengadakan rapat umum singkat di luar gedung Bank of China di Taipei untuk merayakan ulang tahun itu, meskipun dengan lebih banyak polisi yang hadir daripada pendukung partai. Mereka bubar setelah kurang dari satu jam. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home