Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 13:17 WIB | Senin, 26 September 2016

Tak Satu pun Eksekutif Perusahaan Besar AS Dukung Trump

Donald Trump (Foto: salon.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Tidak satu pun eksekutif puncak 100 perusahaan AS teratas yang terdaftar dalam daftar Fortune 100,  memberikan donasi kepada kampanye kepresidenan Donald Trump sampai bulan Agustus ini.

Menurut laporan Wall Street Journal berdasarkan analisis terhadap donasi kampanye, ini merupakan perbedaan drastis dibandingkan dengan pilpres 2012. Pada saat itu, hampir sepertiga dari eksekutif puncak 100 perusahaan terbesar dalam  Fortune 100, memberikan sumbangan kepada capres Partai Republik, Mitt Romney.

Pada tahun ini, 19 eksekutif dari 100 perusahaan terbesar di AS  memberikan sumbangannya kepada kandidat capres lain yang bukan Trump, termasuk Gubernur Jeb Bush and Senator Marco Rubio pada kampanye pendahuluan. Namun sejak Trump memenangi nominasi, 89 persen dari 100 eksekutif puncak di 100 perusahaan terbesar AS, tidak mendukung satu pun capres. Sisanya, sebanyak 11 persen, menyatakan dukungan kepada Hillary.

Sebagai bandingan, capres dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, telah menerima donasi dua kali lebih banyak dibanding yang diperoleh Obama pada 2012. Sebanyak 11 CEO telah mendukung Hillary dengan menyumbang lebih dari US$ 30.000 untuk kampanyenya.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home