Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 09:44 WIB | Sabtu, 12 Februari 2022

Taliban Bebaskan Dua Jurnalis Yang Bekerja untuk UNHCR

Pejuang Taliban berjalan di Danau Qargha yang membeku, dekat Kabul, Afghanistan, di Kabul, Afghanistan, Jumat, 11 Februari 2022. Taliban telah menahan dua jurnalis asing yang sedang bertugas di badan pengungsi PBB dan sejumlah staf Afghanistan yang bekerja di ibu kota negara, UNHCR mengatakan Jumat. (Foto: AP/Hussein Malla)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Taliban membebaskan dua jurnalis asing yang bekerja dengan badan pengungsi PBB (UNHCR) dan beberapa staf organisasi bantuan Afghanistan pada hari Jumat (11/2), kata UNHCR, beberapa jam setelah tersiar kabar tentang penahanan mereka di ibu kota, Kabul.

Pengumuman itu menyusul tweet oleh wakil menteri kebudayaan dan informasi yang ditunjuk Taliban, Zabihullah Mujahid, yang mengatakan mereka ditahan karena mereka tidak memiliki dokumen yang mengidentifikasi mereka dengan benar sebagai UNHCR. Mujahid mengatakan mereka dibebaskan setelah identitas mereka dikonfirmasi.

“Kami merasa lega untuk mengkonfirmasi pembebasan di Kabul dari dua wartawan yang bertugas di UNHCR, dan warga negara Afghanistan yang bekerja dengan mereka,” kata organisasi yang berbasis di Jenewa itu dalam pernyataan singkat.

“Kami berterima kasih kepada semua yang menyatakan keprihatinan dan menawarkan bantuan. Kami tetap berkomitmen untuk rakyat Afghanistan.”

Perkembangan di Kabul terjadi saat Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif yang menjanjikan US$ 3,5 miliar, dari US$ 7 miliar aset Afghanistan yang dibekukan di Amerika Serikat, akan diberikan kepada keluarga korban 9/11 di Amerika. Sebanyak US$ 3,5 miliar lainnya akan dilepaskan untuk bantuan Afghanistan.

Perintah itu akan memungkinkan lembaga keuangan AS untuk memfasilitasi akses pada dana oleh kelompok-kelompok kemanusiaan, yang kemudian akan memberikannya langsung kepada orang-orang Afghanistan.

Salah satu jurnalis asing yang ditahan adalah Andrew North, mantan jurnalis British Broadcasting Corporation/BBC  yang telah banyak bekerja di Afghanistan. Istrinya, Natalia Antelava, sebelumnya telah mengeluarkan permohonan di Twitter untuk pembebasannya.

"Andrew berada di Kabul bekerja untuk UNHCR @Refugees mencoba membantu rakyat Afghanistan," kata Antelava. “Kami sangat prihatin dengan keselamatannya & meminta siapa pun yang memiliki pengaruh untuk membantu mengamankan pembebasannya.”

Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) juga mengutuk penahanan tersebut dan menyerukan pembebasan segera para jurnalis. “Taliban harus segera membebaskan Andrew North dan semua jurnalis lain yang ditahan karena pekerjaan mereka, dan berhenti melecehkan dan menahan anggota pers,” kata pernyataan CPJ, mencatat bahwa mereka ditahan pada hari Selasa.

Taliban menguasai Afghanistan, merebut Kabul dan sebagian besar negara itu pada pertengahan Agustus, ketika pasukan AS dan NATO berada pada pekan terakhir penarikan mereka setelah intervensi 20 tahun.

“Penahanan Taliban terhadap dua jurnalis yang bertugas di badan pengungsi PBB adalah cerminan menyedihkan dari penurunan kebebasan pers secara keseluruhan dan meningkatnya serangan terhadap jurnalis di bawah pemerintahan Taliban,” kata Steven Butler, koordinator program CPJ Asia, mengatakan di Washington.

Juga dibebaskan pada hari Jumat adalah Parvaneh Ibrahimkhel, seorang aktivis hak-hak perempuan yang ditahan lebih dari dua pekan lalu. Dia berbicara dengan TOLO TV lokal untuk mengonfirmasi bahwa dia bebas, tetapi beberapa detail lainnya belum jelas. Komunitas internasional juga menuntut kebebasannya, serta empat aktivis perempuan lainnya.

Sejak berkuasa kembali Taliban telah memberlakukan pembatasan luas, banyak dari mereka diarahkan pada perempuan yang dilarang bekerja di luar rumah, di luar bidang kesehatan dan pendidikan. Akses mereka ke pendidikan telah dibatasi di luar kelas enam dan mereka telah diperintahkan untuk mengenakan jilbab, atau jilbab.

Taliban memaksakan perempuan mengenakan burqa, yang wajib ketika mereka memerintah Afghanistan pada tahun 1990-an.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home