Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:29 WIB | Selasa, 22 Februari 2022

Taliban Sedang Membangun “Pasukan Militer Besar”

Pejuang Taliban berdiri di atas kendaraan lapis baja sebelum berparade di sepanjang jalan untuk merayakan setelah AS menarik semua pasukannya keluar dari Afghanistan, di Kandahar pada 1 September 2021. (Foto: dok. AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Taliban sedang membangun "pasukan tentara besar" untuk Afghanistan yang akan mencakup perwira dan pasukan yang melayani rezim lama, kata pejabat yang bertugas mengawasi transformasi militer, hari Senin (21/2).

Latifullah Hakimi, kepala Komisi Pembebasan Pangkat Taliban, juga mengatakan pada konferensi pers bahwa mereka telah memperbaiki setengah dari 81 helikopter dan pesawat yang diduga tidak dapat digunakan oleh pasukan pimpinan AS selama penarikan kacau tahun lalu.

Dia mengatakan pasukan Taliban menguasai lebih dari 300.000 senjata ringan, 26.000 senjata berat dan sekitar 61.000 kendaraan militer selama mereka mengambil alih negara itu.

Angkatan bersenjata Afghanistan hancur musim panas lalu dalam menghadapi serangan Taliban menjelang 31 Agustus penarikan pasukan pimpinan AS, sering meninggalkan pangkalan mereka dan meninggalkan semua senjata dan kendaraan mereka.

Taliban telah menjanjikan amnesti umum untuk semua orang yang terkait dengan rezim lama, tetapi hampir semua pejabat senior pemerintah dan militer termasuk di antara lebih dari 120.000 orang yang dievakuasi melalui udara pada hari-hari terakhir.

Banyak dari perwira militer bagaimanapun, melebur kembali ke kehidupan sipil dan menjaga profil rendah karena takut akan pembalasan.

PBB mengatakan pada Januari lebih dari 100 orang yang terkait dengan angkatan bersenjata lama telah tewas sejak Agustus.

Hakimi bersikeras, bagaimanapun, bahwa amnesti Taliban telah bekerja dengan baik. “Jika tidak dikeluarkan, kita akan menyaksikan situasi yang sangat buruk,” katanya.

“Para pelaku bom bunuh diri yang mengejar seseorang untuk menargetkannya, kini menjadi pelaku bom bunuh diri yang sama yang melindunginya,” tambahnya.

Ada sedikit bukti bahwa Taliban telah menyerap mantan tentara ke dalam pasukan mereka, tetapi selama akhir pekan mereka menunjuk dua mantan perwira senior Tentara Nasional Afghanistan untuk menduduki posisi teratas di kementerian pertahanan.

Keduanya adalah ahli bedah spesialis yang melekat pada rumah sakit militer utama negara itu. “Pekerjaan kami pada pembentukan tentara sedang berlangsung,” kata Hakimi.

“Para profesional termasuk pilot dan insinyur, petugas layanan, staf logistik dan administrasi (dari rezim sebelumnya) berada di tempat mereka di sektor keamanan.”

Hakimi mengatakan mereka akan membentuk "pasukan besar ... sesuai dengan kebutuhan negara dan kepentingan nasional," meskipun dia tidak merinci jumlahnya. Dia mengatakan tentara hanya akan menjadi salah satu yang negara mampu bentuk.

Afghanistan, bagaimanapun, secara efektif bangkrut, dengan aset luar negeri negara itu senilai US$7 miliar disita oleh AS. Washington mengatakan setengahnya akan dicadangkan untuk dana kompensasi para korban serangan 11 September 2001, dan setengahnya lagi dikeluarkan secara bertahap sebagai bagian dari dana bantuan kemanusiaan yang dipantau dengan cermat.

Hakimi mengatakan pada konferensi pers bahwa Taliban telah membersihkan hampir 4.500 "orang yang tidak diinginkan" dari barisannya, sebagian besar anggota baru yang bergabung setelah pengambilalihan mereka dan disalahkan atas serentetan kejahatan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home