Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:07 WIB | Kamis, 15 September 2022

Taliban Selidiki Dugaan Anggotanya Eksekusi Kelompok Pemberontak

Anggota Taliban di Afganistan. (Foto: dok. Ist)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Taliban Afghanistan sedang "menyelidiki" video yang beredar di media sosial yang tampaknya menunjukkan para pejuangnya mengeksekusi anggota kelompok pemberontak Afghanistan yang ditangkap, kata seorang juru bicara pemerintah, hari Rabu (14/9).

Front Perlawanan Nasional (NRF), sebuah kelompok yang baru lahir yang beroperasi terutama di Lembah Panjshir, mengatakan video itu menunjukkan beberapa pejuangnya dieksekusi, dan menuduh Taliban melakukan "kejahatan perang."

Video itu, yang dibagikan secara luas di media sosial, menunjukkan dua kelompok pria berjongkok di lereng bukit dengan tangan diikat ke belakang sebelum ditembak dengan senapan otomatis oleh pejuang Taliban.

Para pejuang dapat terdengar meneriakkan “Allahu Akbar,” dan seorang pria kemudian terdengar mengatakan “hentikan, hentikan” setelah para tawanan merosot ke depan, tampaknya mati.

Pemeriksaan oleh tim verifikasi digital AFP menunjukkan versi pertama video hanya muncul online dalam 24 jam terakhir, dan juru bicara pemerintah, Bilal Karimi, mengatakan pihak berwenang sedang menyelidiki.

“Kami sedang menyelidikinya untuk mengetahui secara pasti kapan ini difilmkan dan untuk mengetahui apakah itu sudah lama,” kata Karimi kepada AFP. "Tapi sejauh ini, kami sama sekali tidak tahu tentang tempat, waktu pembuatan video, atau siapa orang di dalamnya."

Rekaman itu menjadi viral sehari setelah Taliban mengatakan pasukannya telah menewaskan sedikitnya 40 pejuang NRF dalam bentrokan di Lembah Panjshir.

NRF mengatakan mereka yang ditampilkan dieksekusi dalam video itu ditangkap selama pertempuran di lembah itu. "Taliban kriminal ... melakukan kejahatan perang lagi dengan menembak dan membunuh delapan" anggota NRF, kata juru bicara kelompok pemberontak, Sibghatullah Ahmadi, di Twitter.

Lembah Panjshir yang indah terkenal sebagai pusat perlawanan Afghanistan terhadap pendudukan Uni Soviet pada 1980-an dan tugas pertama Taliban berkuasa di akhir 1990-an.

Wilayah itu adalah bagian terakhir Afghanistan yang bertahan melawan Taliban ketika mereka kembali berkuasa pada Agustus tahun lalu.

NRF dipimpin oleh Ahmad Massoud, putra pejuang legendaris anti Uni Soviet dan anti Taliban, Ahmad Shah Massoud.

Massoud yang lebih tua, yang dikenal sebagai Singa Panjshir, dibunuh pada tahun 2001 oleh Al-Qaeda, dua hari sebelum serangan 11 September di AS. Putranya sejak itu mengambil jubah melawan pasukan Taliban, berulang kali mencela rezim Islamis sebagai "tidak sah".

Pada bulan Juli, misi PBB di Afghanistan menuduh Taliban melakukan ratusan pelanggaran hak asasi manusia, termasuk pembunuhan di luar hukum dan penyiksaan, sejak mereka merebut kekuasaan. Banyak dari korban adalah mantan pejabat pemerintah dan anggota pasukan keamanan nasional, kata misi tersebut, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Taliban. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home