Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:45 WIB | Sabtu, 02 April 2022

Tanah Longsor Di Cilacap, 215 Jiwa Terdampak

Tanah longsor di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: BPBD Kabuparen Cilacap.)

CILACAP, SATUHARAPAN.COM-Tanah longsor yang terjadi di Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, hari Kamis (31/3). Tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut, namun sebanyak 215 jiwa dari 72 KK terdampak.

Selain itu sbanyak 18 hewan ternak, dua ekor sapi dan 16 ekor kambing hilang tertimbun tanah. Namun jalan desa lumpuh total tidak dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, bahkan sulit untuk dilewati dengan jalan kaki. Jaringan listrik padam dan beberapa warga ada yang mengungsi di rumah kerabat terdekat.

Peristiwa itu bermula ketika pada hari Kamis (31/3) sore hingga malam terjadi hujan deras disertai petir di wilayah Desa Kutabima yang kemudian menyebabkan tanah gembur bercampur air menjadi lumpur dan longsor ke arah pemukiman penduduk.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap hari Jumat (1/4), menyebutkan ditemukan sebanyak 17 titik lokasi tanah longsor, di RT 06, RT 09 dan RT 04 Dusun Citulang yang material longsorannya menimpa rumah warga, jalan desa, dan area pertanian.

Tercatat ada tiga unit rumah tertimbun, dua unit rumah rusak berat, tiga unit rumah rusak ringan dan 49 unit rumah terancam longsor. Selain itu ada satu unit jembatan ambruk, sawah seluas dua hektare dan perkebunan seluas dua hektare juga turut terdampak longsor.

Laporan visual langsung dari lapangan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Cilacap Drs. Wijonardi, M.M., menunjukkan material longsor dari bagian perbukitan telah menimbun areal persawahan dan permukiman warga yang berada di bawahnya.

Material longsor lainnya juga terbawa oleh aliran Sungai Cireueui dan berdampak ke areal persawahan di wilayah Desa Cileumeuh. "Sungai Cireueui yang kemarin banjir dan berdampak ke Cileumeuh sekarang di atas sungai ini terjadi longsoran," kata Wijonardi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home