Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:50 WIB | Rabu, 29 Januari 2020

Tanggapi Proposal Trump, Liga Arab Adakan Pertemuan Luar Biasa

Pertemuan delegasi negara-negara anggota Liga Arab di Kairo, Mesir. (Foto: dari al Ahram)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Liga Arab akan mengadakan pertemuan luar biasa pada hari Sabtu (1/2) mendatang untuk membahas rencana perdamaian Timur Tengah yang diperkirakan akan dibuat oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada Selasa (28/10 malam, kata asisten sekretaris jenderal Liga Arab dikutip Al Ahram.

Perwakilan permanen Otoritas Palestina di Liga Arab mengajukan permintaan untuk pertemuan tingkat menteri dengan tujuan untuk mendengar Presiden Palestina, Mamoud Abbas, tentang apa yang disebut sebagai "Kesepakatan Abad Ini," kata Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab, Hossam Zaki.

Kepemimpinan Palestina, yang tidak diundang ke pembicaraan mengenai rencana perdamaian di Washington, telah menolak inisiatif Trump dan mengatakan tidak ada kesepakatan damai yang bisa dibuat tanpa "persetujuan rakyat Palestina dan kepemimpinan Palestina."

Ketegangan antara Palestina dan Trump semakin meningkat menyusul pengakuannya atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan pengumuman pemerintahannya tahun lalu bahwa negara itu tidak lagi menganggap permukiman Israel di wilayah Tepi Barat sebagai pelanggaran hukum internasional.

Presiden AS, Donald Trump mengatakan pada hari Senin (27/1) bahwa ia akan mengumumkan proposal perdamaian Timur Tengah yang telah lama tertunda pada hari Selasa, dan bahwa ia percaya Palestina pada akhirnya akan setuju dengan itu meskipun mereka menolak untuk terlibat dalam masalah ini.

Ribuan warga Palestina berdemonstrasi di kota Gaza menentang proposal Trump itu pada hari Selasa,  dan mereka menginjak-injak poster-poster Presiden AS itu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home