Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 08:44 WIB | Jumat, 18 November 2022

Tantangan Mantan Juara Piala Dunia, Qatar Jadi Beban Sejarah bagi Prancis

Kiper Prancis, Hugo Lloris, mengangkat trofi setelah Prancis menang 4-2 saat pertandingan final antara Prancis dan Kroasia di Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia, hari Minggu, 15 Juli 2018. (Foto: dok. AP/Martin Meissner)

QATAR, SATUHARAPAN.COM-Selain menghadapi cedera pada pemain kunci, Prancis memiliki beban sejarah sebagai juara Piala Dunia sebelumnya yang harus dihadapi di Qatar. Mungkinkah berhasil, Les Bleus?

Sejak Brasil kalah di final 1998 dari Prancis, juara bertahan nyaris mustahil mempertahankan gelar di Piala Dunia. Dari lima juara bertahan Piala Dunia berikut ini, empat gagal mencapai babak sistem gugur dan tiga finis terakhir di grup mereka.

Sebagai juara Piala Dunia 1998, ketika banyak yang menyukai Prancis untuk menang lagi pada 2002, terutama dengan lini depan yang menampilkan pencetak gol terbanyak dari tiga liga utama Eropa.

Prancis membanggakan striker Arsenal, Thierry Henry, penembak jitu Juventus, David Trezeguet, dan bakat yang meningkat, Djibril Cisse, dalam serangan gemerlap yang memadukan kecepatan, keterampilan, dan kekuatan.

Tetapi Prancis gagal dan, dengan Zinedine Zidane yang cedera tidak dapat tampil dengan baik di lini tengah, tertatih-tatih keluar dari babak penyisihan grup tanpa memenangkan pertandingan.

Itu adalah salah satu kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia, dan tanda-tanda peringatannya sangat mirip untuk kali ini di Qatar.

Juara bertahan Prancis membanggakan serangan terbaik di dunia dengan pemenang Ballon d'Or, Karim Benzema, bersama bintang Piala Dunia 2018, Kylian Mbappe, dengan Antoine Griezmann atau Olivier Giroud untuk mendukung mereka.

Kecepatan, Keterampilan, dan Kekuatan

Tapi, seperti pada 2002, Prancis juga memiliki masalah di lini tengah, dengan pemenang Piala Dunia, Paul Pogba, dan N'Golo Kante, keduanya cedera, membuat pelatih Didier Deschamps kehilangan ruang mesinnya. Bek tengah Raphael Varane, andalan lain dari empat tahun lalu, sedang berusaha pulih dari cedera hamstring.

Berikut adalah kesalahan Prancis pada 2002, Brasil empat tahun kemudian pada tahun 2006, Italia pada 2010, Spanyol pada 2014, dan Jerman pada 2018.

Prancis pada Tahun 2002

Apa yang salah bagi tim Prancis dengan Zidane bermain di belakang Henry, Trezeguet dan Cisse dalam grup dan menghadapi Senegal, Uruguay dan Denmark?

Kesalahan pertama yang dilakukan pelatih Roger Lemerre adalah memilih Zidane dalam pemanasan melawan Korea Selatan lima hari sebelum turnamen. Dia tertatih-tatih karena cedera paha yang membuatnya absen dari dua pertandingan grup pertama, dan dia dilarikan kembali untuk yang terakhir.

Prancis, bagaimanapun, masih memiliki inti tim pemenangnya dari tahun 1998. Youri Djorkaeff berada di lini tengah bersama Patrick Vieira, yang baru saja memenangkan gelar ganda Liga Inggris dan Piala FA bersama rekan setim Arsenal, Henry. Ada juga Emmanuel Petit yang mencetak gol dalam kemenangan 3-0 atas Brasil di final lalu.

Namun di laga pembuka tahun 2002, Papa Bouba Diop mencetak gol tunggal untuk Senegal saat menang 1-0 atas sang juara bertahan.

Harapan Prancis untuk bangkit kembali terpukul ketika Henry dikeluarkan dari lapangan setelah 25 menit karena tantangan sembrono dalam hasil imbang 0-0 melawan Uruguay.

Itu membuat Prancis perlu mengalahkan Denmark dengan dua gol. Zidane yang terikat melakukan apa yang dia bisa tetapi Prancis kalah 2-0 dan pulang dengan malu.

Brasil pada Tahun 2006

Brasil membanggakan tim yang bertabur dengan bintang, menampilkan kecemerlangan showboating dari Ronaldinho; tembakan tajam Ronaldo dan Adriano; lari kecang Cafu, dan tendangan bebas jarak jauh Juninho yang berputar-putar. Ronaldinho bahkan memiliki ikat kepala yang dipersonalisasi dengan inisial "R" yang ditulis dengan emas.

Ada perasaan bahwa Brasil mungkin sedikit terlalu percaya diri di perempat final melawan tim Prancis yang menampilkan Zidane yang telah diremajakan. Dan begitulah hasilnya.

Zidane menghasilkan salah satu penampilan lini tengah paling mempesona dalam sejarah Piala Dunia. Keahliannya yang luar biasa, keseimbangan balet, dan gerakan pirouetting memperdaya Brasil, dan tendangan bebasnya membuat Henry melakukan tendangan voli, satu-satunya gol dalam pertandingan itu.

Italia pada Tahun 2010

Sama seperti Prancis pada tahun 2002, Italia finis di urutan terbawah grupnya. Setidaknya tim Italia itu mencetak goal empat kali, tetapi grup tersebut terlihat sedikit lebih mudah: Paraguay, Selandia Baru, dan Slovakia.

Italia membuat awal yang buruk dan membutuhkan penyeimbang dari gelandang Daniele De Rossi untuk mendapatkan hasil imbang melawan Paraguay. Yang lebih buruk terjadi untuk juara empat kali: hasil imbang 1-1 dengan Selandia Baru, yang memimpin lebih awal melalui penyerang Shane Smeltz yang tidak dikenal.

Di pertandingan grup terakhir, Italia compang-camping dan tertinggal 2-0 melawan Slovakia sebelum kalah 3-2.

Pelatih Italia, Marcello Lippi, sepertinya tidak bisa mendapatkan keseimbangan yang tepat, tidak seperti pada tahun 2006. Timnya kebobolan terlalu mudah bahkan dengan Fabio Cannavaro dan Giorgio Chiellini di pertahanan tengah, dan memiliki masalah di lini depan. Vincenzo Iaquinta, Antonio Di Natale dan Fabio Quagliarella mencetak gol tetapi striker pilihan pertama Alberto Gilardino gagal melakukannya.

Gilardino tampil bagus bersama AC Milan musim itu dan dikenal karena perayaan gol yang aneh, berlutut untuk memainkan biola. Kali ini, Gilardino tidak merayakan apa pun.

Spanyol pada Tahun 2014

Itu adalah kebangkitan yang cukup kasar bagi pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, setelah trofi utama berturut-turut. Laga pembuka juara Eropa Spanyol berakhir dengan kekalahan 5-1 dari Belanda, meskipun pasangan bek tengah yang tangguh dari Sergio Ramos dan Gerard Pique dan lini tengah yang apik termasuk pemain hebat Barcelona, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta.

Di laga berikutnya, Spanyol tak mampu berhenti kebobolan dan kalah dari Chile 2-0 dengan kedua gol tercipta di babak pertama.

Kemenangan 3-0 atas Australia merupakan sedikit penghiburan bagi tim Spanyol yang bertabur bintang, yang meluncur melambangkan bagaimana dua era emas akan segera berakhir. Tahun-tahun kejayaan Barcelona, ​​yang berpusat pada kepergian Xavi dan Iniesta, bertepatan dengan kesuksesan Spanyol di Pila Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012.

Jerman pada Tahun 2018

Begitu banyak hal untuk tim Jerman yang “kejam”, mesin penyerang yang menempatkan tujuh gol melewati Brasil di semifinal Piala Dunia sebelumnya dalam perjalanan menuju gelar keempatnya.

Sejak awal, Jerman kesulitan di Rusia, kalah dalam pertandingan sengit 1-0 dari Meksiko dan kemudian membutuhkan gol dari gelandang Toni Kroos pada menit kelima waktu tambahan untuk mengalahkan Swedia.

Itu seharusnya sudah cukup sebagai peringatan. Jerman perlu mengalahkan Korea Selatan untuk mencoba maju, tetapi malah kebobolan dua gol di menit akhir setelah menyia-nyiakan banyak peluang untuk mencetak gol.

Kekalahan itu disambut dengan ketidakpercayaan di kampung halaman, perasaan yang sama bagi tim Prancis bertabur bintang 20 tahun lalu. Dan Qatar juga jadi beban sejarah sang Juara Prancis. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home