Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:02 WIB | Sabtu, 21 Agustus 2021

Tantangan Terbesar Pemerintahan Taliban Adalah Uang

Pejuang Taliban berpatroli di Kabul, Afghanistan, hario Kamis, 19 Agustus 2021. Taliban merayakan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada hari Kamis dengan menyatakan mereka mengalahkan Amerika Serikat, tetapi tantangan terhadap kekuasaan mereka mulai dari menjalankan negara yang sangat kekurangan uang tunai dan birokrat hingga berpotensi menghadapi oposisi bersenjata yang mulai muncul. (Foto: AP/Rahmat Gul)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Taliban menghadapi tantangan frontal dalam memperkuat kendali mjereka atas Afghanistan, yaitu uang.

Terlepas dari serangan militer dominan mereka selama sepekan terakhir, Taliban tidak memiliki akses ke miliaran dolar dari bank sentral mereka dan Dana Moneter Internasional (IMF) yang akan membuat negara itu tetap berjalan selama pergolakan.

Dana tersebut sebagian besar dikendalikan oleh Amerika Serikat dan lembaga-lembaga internasional, kemungkinan dimanfaatkan hingga saat evakuasi tegang berlangsung dari bandara di ibu kota Kabul. Puluhan ribu orang masih harus dievakuasi menjelang batas waktu 31 Agustus ketika Amerika Serikat untuk menarik pasukannya dari negara itu.

Tetapi Taliban juga saat ini tidak memiliki struktur kelembagaan untuk menerima uang itu, sebuah tanda adanya tantangan yang mungkin dihadapinya ketika mencoba untuk mengatur ekonomi yang telah mengalami urbanisasi dan meningkat tiga kali lipat sejak mereka terakhir berkuasa dua dekade lalu.

Kekurangan tersebut dapat menyebabkan krisis ekonomi yang hanya akan memicu krisis kemanusiaan yang lebih dalam bagi sekitar 36 juta warga Afghanistan yang diperkirakan akan tinggal di negara itu.

“Jika mereka tidak memiliki pekerjaan, mereka tidak diberi makan,” kata Anthony Cordesman, yang memberi nasihat kepada pemerintah AS tentang strategi Afghanistan dan bekerja di Pusat Studi Strategis dan Internasional. “Taliban harus menemukan jawaban.”

Tekanan Keuangan

Dana yang terdampar adalah salah satu dari sedikit sumber tekanan potensial yang dimiliki pemerintah AS atas Taliban. Tetapi Cordesman menambahkan, “Untuk memiliki titik tekanan, Anda harus bersedia bernegosiasi dengan cara yang dapat diterima oleh Taliban.”

Sampai sekarang, pemerintah Taliban tidak dapat mengakses hampir semua cadangan bank sentral Afghanistan senilai US$9 miliar, yang sebagian besar dipegang oleh Federal Reserve New York. Afghanistan juga dijadwalkan untuk mengakses sekitar US$450 juta pada 23 Agustus dari Dana Moneter Internasional, yang secara efektif telah memblokirnya karena “kurangnya kejelasan” mengenai pengakuan pemerintah Afghanistan yang baru.

Sementara uang itu akan memudahkan Taliban untuk memerintah, pejabat pemerintah telah mengindikasikan bahwa tidak jelas siapa yang akan menjadi titik kontak di Afghanistan mengenai masalah keuangan. Presiden Joe Biden mengakui bahwa dia tidak tahu apakah Taliban ingin menjadi bagian dari ekonomi global yang lebih luas, yang berarti mungkin akan nyaman berjalan tanpa dana.

“Saya pikir mereka sedang mengalami semacam krisis eksistensial tentang apakah mereka ingin diakui oleh masyarakat internasional sebagai pemerintah yang sah,” kata Biden kepada ABC News, hari Rabu. "Aku tidak yakin mereka melakukannya."

Bahkan jika Taliban bisa mendapatkan uang dari IMF, Douglas Rediker, seorang rekan di Brookings Institution, mengatakan prosesnya “akan memakan waktu, saya pikir, paling cepat berbulan-bulan, jika tidak sama sekali.” Namun dia juga mengantisipasi bahwa Amerika Serikat akan menemukan cara untuk memblokir pengeluaran uang melalui sistem IMF.

“AS masih mempertahankan banyak bobot politik dalam sistem global, politik dan ekonomi untuk menjadi beberapa senjata,” kata Rediker. “Taliban tidak akan populer.”

Bergantung pada Impor

Ketika Taliban terakhir menguasai Afghanistan dua dekade lalu, rata-rata warga Afghanistan bertahan hidup dengan kurang dari satu dolar sehari. Produk domestik bruto per kapita telah meningkat hampir tiga kali lipat selama perang, menurut Bank Dunia. Afghanistan memperoleh semuanya membutuhkan akses ke lembaga ekonomi global. Upaya perang juga membuat negara itu sangat bergantung pada perdagangan dengan impor senilai US$8 miliar per tahun, hampir 10 kali lebih banyak daripada yang diekspor.

Luasnya masalah dapat dilihat di pasar pertukaran uang Afghanistan yang tutup. Perdagangan mata uang berhenti hari Minggu (15/8) ketika Taliban menguasai Kabul. Tanpa kemampuan untuk menukar atau dukungan dolar yang mengalir ke negara itu, nilai mata uang Afghanistan dapat runtuh, inflasi dapat meningkat dan campuran kekerasan dan kekacauan dapat berkeperpanjangan.

Aminullah Amin, seorang penukar mata uang, mengatakan pada hari Jumat (20/8) ada kekhawatiran tentang penjarah dan struktur pemerintahan baru. Rasa tidak aman yang dirasakan oleh warga Afghanistan akan mengalir melalui ekonomi seperti virus.

"Kami belum memutuskan untuk membuka kembali pasar." kata Amin, yang menyaksikan penjarahan markas polisi distrik di Kabul utara setelah perebutan ibu kota oleh Taliban.

Apa Yang Dilakukan China?

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, pada hari Kamis (19/8) menegaskan kembali bahwa kelompok itu menginginkan hubungan baik dengan negara lain dan tidak akan membiarkan Afghanistan menjadi basis serangan. Namun dia mengatakan Taliban tidak akan mentolerir ancaman apa pun terhadap “prinsip dan kemerdekaan kami.”

Laurel Miller, direktur program Asia di Crisis Group, sebuah think tank internasional, mengatakan Afghanistan tetap menjadi “negara yang sangat miskin yang menderita serangkaian masalah dan tantangan kemanusiaan yang kompleks.”

Taliban masih memiliki akses ke aliran pendapatan yang menopang pemberontakan, tetapi itu tidak akan cukup bagi pemerintah terpusat yang dapat menegaskan kontrol penuh atas negara tersebut. Gerakan ini harus menyeimbangkan citranya secara global dengan mempertahankan dukungan di antara mereka sendiri, para pejuang Muslim ultrakonservatif yang membawa mereka ke tampuk kekuasaan.

"Ada alasan untuk berpikir bahwa ketika dorongan datang dimensi internal ini akan diprioritaskan daripada dimensi eksternal," kata Miller.

Taliban bisa lebih sukses dengan negara-negara lain yang ingin memproyeksikan pengaruh di wilayah tersebut. China menginginkan stabilitas di Afghanistan dan juga menjaga hubungan dekat dengan negara tetangga Pakistan, yang telah lama bekerja untuk membentuk hubungan di sana.

Sebuah laporan pemerintah AS tahun 2010 memperkirakan bahwa Afghanistan memiliki sekitar US$1 triliun logam dan mineral, termasuk lithium dan tambang langka yang berharga di dunia yang semakin terkomputerisasi.

"Saya pikir tanda tanya yang nyata dalam gambaran keuangan Afghanistan adalah apa yang akan dilakukan China," kata Miller. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home