Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:18 WIB | Rabu, 04 Mei 2016

Ted Cruz Mundur, Jalan Trump Semakin Mulus Jadi Capres AS

Ilustrasi: Ted Cruz dalam sebuah sesi wawancara. (Foto: abcnewsgo.com).

INDIANA, SATUHARAPAN.COM – Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Ted Cruz, mengundurkan diri dari pertarungan memperebutkan calon presiden AS dari Partai Republik.

Seperti diberitakan CNN International, hari Rabu (4/5), peristiwa tersebut merupakan kejadian luar biasa dari pertarungan pemilihan presiden.

Ketua kampanye Cruz, Jeff Roe, mengatakan pada hari Rabu (4/5), Cruz memilih menyudahi ambisinya setelah mengalami  kekalahan di negara bagian Indiana. Di wilayah tersebut Donald Trump memenangi pertarungan dengan kemenangan 53 persen.

“Kami meninggalkan banyak kenangan di Indiana. Kami berikan kemampuan kepada Partai Republik, segala sesuatu yang kami miliki tapi kami memilih jalan lain,” kata Cruz.

Cruz menjelaskan dengan berat hati tim kampanye pemenangan Ted Cruz sebagai kandidat partai Republik menekankan optimisme yang tak terbatas untuk masa depan AS. 

Cruz mengemukakan dia keluar dari pertarungan karena dukungan dari pihak gereja di Indiana terbagi antara kepada Donald Trump dan Ted Cruz.

Beberapa pekan sebelumnya dalam kesempatan kampanye, Ted Cruz mengemukakan  saingannya di Partai Republik, Donald Trump sebagai pembohong  dan tidak layak masuk Gedung Putih.

“Amerika Serikat akan terjerumus ke dalam jurang jika rakyat Amerika Serikat memilih Trump,” kata Cruz dalam sebuah kampanye.

Cruz mengemukakan demikian karena beberapa saat sebelumnya Trump dalam sebuah kesempatan kampanye mengemukakan hal yang dianggap Cruz tidak masuk akal.

Trump mengkritik politik luar negeri Presiden AS  Barack Obama mengacaukan politik dunia

Menurut Trump, berbagai kebijakan Obama memicu kebangkitan kelompok ekstremis Islamic State Iraq and Syria atau Negara Islam Irak Suriah (ISIS/NIIS).

 Trump mengatakan seharusnya Amerika Serikat membantu umat Kristen di negara-negara yang terancam kelompok ekstremis radikal sepanjang mereka menghargai komitmen perdamaian AS. (cnn.com/usatoday.com).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home