Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:22 WIB | Senin, 13 Juni 2022

Teknologi Sensor Bau, Cara Boston Atasi Orang Kencing di Lift

Tombol lift. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

BOSTON, SATUHARAPAN.COM-Massachusetts Bay Transportation Authority (MBTA) di Amerika Serikat berusaha mengatasi masalah terkait urine (air kecing). Berharap, dengan program baru masalah buang air kecil di tempat umum, diatasi dengan elevator sistem yang memiliki teknologi khusus.

MBTA mengklaim waktu naik liftnya "sangat baik," tetapi masih mengalami masalah yang tajam: pengguna kencing di dalam lift, ketika harus antre ke kamar mandi.

“Secara umum, lift uptime kami sangat baik, tetapi kami masih menerima banyak keluhan yang diajukan tentang tingkat kenyamanan pengguna dalam menggunakannya, dan faktor yang berkontribusi cukup besar adalah orang terkadang menggunakan lift sebagai toilet,” kata Meghan Collins, manajer program/proyek MBTA, teknologi yang dapat diakses.

MBTA, yang melayani Boston dan daerah sekitarnya, meluncurkan program percontohan pada musim panas ini di mana digunakan teknologi sensor (pendeteksi) urine akan ditempatkan di empat lift di pusat kota.

Sensor akan memperingatkan duta transit, yang dapat mengirim kru pembersih, menurut laporan media setempat, Boston Herald.

Sensor ada di langit-langit lift yang memiliki kipas yang terpasang, yang memungkinkan mereka untuk menyedot udara dan "pada dasarnya mencium bau apa yang ada di sana," kata Meghan Collins, manajer program/proyek MBTA.

Lift dipilih berdasarkan seberapa sering orang buang air kecil di dalamnya, ukuran kabin yang berbeda, dan lingkungan tempat mereka berada, untuk melihat seberapa baik sensor bekerja. Misalnya, deteksi mungkin berbeda di lift di ruang tertutup versus yang terpapar ke permukaan jalan dan udara luar, kata Collins.

Projek rintisan dimulai pada bulan Agustus. Data akan dikumpulkan selama beberapa bulan sebelum badan tersebut membuat keputusan tentang apakah akan melaksanakan program tersebut pada akhir tahun, kata surat kabar itu.

Ini bukan konsep baru. Hampir satu dekade lalu, Metropolitan Atlanta Rapid Transit Authority meluncurkan program percontohan yang, menurut The Atlanta Journal-Constitution, memicu lampu sorot, alarm, dan peringatan kepada polisi MARTA ketika urin terdeteksi di lift.

Lift itu kemudian tidak bisa dioperasikan sampai pembersihan dilakukan. Program itu, yang dianggap sukses, akhirnya diperluas.

MBTA berharap program ini membantu meringankan masalah: buang air kecil di tempat umum tidak hanya tidak sehat, tetapi juga dapat merusak elevator, kata Collins.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home