Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:37 WIB | Jumat, 29 Juli 2022

Teknologi Teleskop James Webb NASA Meningkatkan Presisi Operasi Mata

Gambar galaksi NGC 628 ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Web NASA. (Foto: Twitter)

SATUHARAPAN.COM-Teleskop Luar Angkasa miliki NASA, James Webb, yang baru senilai US$10 miliar menunjukkan kepada umat manusia beberapa bintang pertama di alam semesta dan menawarkan tampilan terdalam dari kosmos yang pernah ditangkap, Itu menggunakan cermin yang sangat besar dan kuat yang menangkap kepingan cahaya dari lebih dari 13 miliar tahun yang lalu.

Teknologi yang dikembangkan oleh NASA sebagai bagian dari upaya selama puluhan tahun untuk membangun Webb telah meningkatkan visi jutaan orang di Bumi dengan mendorong perbaikan besar pada operasi mata LASIK.

Bagian dari proses untuk mengukur cermin Webb telah dimasukkan ke dalam Studio Refraksi iDesign Johnson & Johnson Vision, sebuah perangkat yang mengambil pengukuran mata yang tepat untuk memetakan ketidaksempurnaan dalam jalur visual dan kelengkungan kornea, kata pernyataan NASA.

Seorang eksekutif Johnson & Johnson (J&J) menyebut informasi yang dihasilkan sebagai "sidik jari optik yang unik untuk setiap mata pasien," menurut NASA.

iDesign Refractive Studio sekarang tersedia untuk dokter mata di 47 negara, dan teknologi iDesign telah memungkinkan lebih dari 18 juta prosedur LASIK yang berhasil di seluruh dunia, menurut J&J.

Teknologi ini dimulai pada awal 2000-an, ketika Albuquerque, subkontraktor WaveFront Sciences yang berbasis di New Mexico bekerja dengan NASA untuk mengembangkan sistem untuk mengukur penyimpangan pada cermin Webb saat mereka digiling dan dipoles dengan spesifikasi yang tepat.

"Cermin adalah salah satu teknologi yang sangat penting yang kami butuhkan untuk mengembangkan observatorium," kata Lee Feinberg, manajer elemen teleskop optik untuk Webb di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland dikutip Al Arabiya.

“Kami harus memolesnya sedemikian rupa sehingga, ketika dingin, mereka menjadi bentuk cermin yang kami inginkan,” katanya. "Kami harus mencocokkan kelengkungan satu cermin ke cermin berikutnya, yang merupakan masalah yang sangat menantang."

WaveFront Sciences menggabungkan beberapa algoritme yang dikembangkannya untuk cermin Webb ke dalam produk komersial yang disebut Sistem Analisis Mata Lengkap, atau COAS (Complete Ophthalmic Analysis System), yang dapat mendiagnosis kondisi mata dengan memetakan mata.

Teknologi ini berpindah tangan beberapa kali dan diluncurkan ke dalam sistem iDesign sebelum J&J Vision, yang berkantor pusat di Santa Ana, California, mengakuisisinya pada tahun 2017, menggabungkannya ke dalam iDesign Refractive Studio, yang mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration AS pada tahun 2018.

Setelah didasarkan pada informasi terbatas dari resep kacamata pasien, operasi LASIK hari ini, dipandu oleh iDesign Refracted Studio, dapat melibatkan lebih dari 1.200 pengukuran untuk koreksi penglihatan individual yang juga cepat dan aman.

Pekerjaan badan antariksa sering menguntungkan orang-orang di Bumi. “Pada akhirnya, investasi yang dilakukan NASA membantu perusahaan mengembangkan teknologi yang berguna untuk aplikasi lain,  dalam hal ini, operasi mata LASIK,” kata Feinberg.

Awal bulan ini, NASA merilis bidikan keindahan galaksi dari pandangan luar awal teleskop Webb. Bidikan pertama: gambar “bidang dalam” yang dirilis pada acara Gedung Putih, dipenuhi dengan banyak bintang, dengan galaksi besar di latar depan dan galaksi samar dan sangat jauh yang mengintip di sana-sini.

Bagian dari gambar tersebut adalah cahaya tidak terlalu lama setelah Big Bang, yaitu 13,8 miliar tahun yang lalu. “Kami akan memberi umat manusia pandangan baru tentang kosmos,” kata Administrator NASA, Bill Nelson, mengatakan kepada wartawan bulan lalu dalam pengarahan. "Dan itu adalah pemandangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home