Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 08:31 WIB | Senin, 31 Mei 2021

Tenis: Tolak Konferensi Pers, Naomi Osaka Didenda Rp 215 Juta

Petenis Jepang, Naomi Osaka ,mengembalikan bola kepada petenis Rumania, Patricia Maria Tig, pada pertandingan putaran pertama mereka di stadion Roland Garros, hari Minggu (30/5) di Paris. (Foto: AP/Christophe Ena)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Petenis Jepang, Naomi Osaka, didenda US$ 15.000 (sekitar Rp 215 juta), karena dia melewatkan konferensi pers setelah kemenangannya pada putaran pertamanya di Prancis Terbuka pada hari Minggu (30/5).

Dia juga mendapat peringatan keempat pada turnamen Grand Slam, dan dia dapat menghadapi penalti yang lebih keras, termasuk diskualifikasi atau bahkan skorsing, jika dia terus menghindari media.

Osaka kembali ke Roland Garros setelah absen turnamen tahun lalu dan menyerahkan kemenangan 6-4, 7-6 (4) penuh kesalahan atas petenis peringkat 63 Patricia Maria Tig di Court Philippe Chatrier pada hari pertama. Dia di media sosial mengatakan dia tidak akan berbicara dengan pers dan menepati janjinya.

Beberapa jam kemudian, Osaka beralih ke metode komunikasi pilihannya hari ini, dia mentweet: “kemarahan adalah kurangnya pemahaman. Perubahan membuat orang tidak nyaman."

Hasil lain mungkin lebih layak diberitakan daripada kemenangan straight-set oleh peringkat No.2 Osaka, juara AS Terbuka dan dua kali runner-up Prancis Terbuka, Dominic Thiem 4-6, 5-7, 6-3, 6-4. Juga  Kekalahan 6-4 dari peringkat 68, Pablo Andujar, meskipun peristiwa yang terjadi setelah pertandingan superstar Jepang itu sangat menarik.

Pemain tenis diharuskan menghadiri konferensi berita jika diminta. Denda maksimum, tentu saja, bukanlah masalah besar bagi Osaka, atlet perempuan berpenghasilan tertinggi di dunia iniu berkat kontrak dukungan yang berjumlah puluhan juta dolar.

Dia membingkai masalah ini sebagai masalah kesehatan mental, dengan mengatakan bahwa menjawab pertanyaan setelah mengalami kekalahan dapat menimbulkan keraguan diri.

“Dia mampu membuat pilihannya sendiri, dan jelas dia akan selalu melakukan yang terbaik untuknya,” kata Tig. “Saya pikir itulah yang terjadi sekarang.”

Pemain lain, terutama juara Prancis Terbuka 13 kali, Rafael Nadal, dan peringkat 1 Ash Barty, mengatakan mereka menghormati hak Osaka untuk mengambil sikap, tetapi menjelaskan bahwa mereka mempertimbangkan berbicara kepada wartawan sebagai bagian dari pekerjaan.

Denda itu dinilai oleh wasit turnamen di Roland Garros dan diumumkan dalam pernyataan bersama dari presiden federasi tenis Prancis, Gilles Moretton, dan rekan-rekan di olahraga lainnya: Presiden Tenis Australia Jayne Hrdlicka, Ketua Klub Seluruh Inggris, Ian Hewitt, dan Presiden Asosiasi Tenis AS, Mike McNulty.

“Elemen inti dari regulasi Grand Slam adalah tanggung jawab para pemain untuk terlibat dengan media, apapun hasil pertandingan mereka, tanggung jawab yang diambil oleh para pemain untuk kepentingan olahraga, suporter dan untuk diri mereka sendiri,” kata mereka.

“Interaksi ini memungkinkan para pemain dan media untuk berbagi perspektif mereka dan bagi para pemain untuk menceritakan kisah mereka,” kata mereka.

Mereka mengatakan bahwa mereka memahami pentingnya melindungi kesehatan mental atlet, tetapi juga mencatat bahwa "peraturan diberlakukan untuk memastikan semua pemain diperlakukan sama persis, tidak peduli perawakan, kepercayaan, atau pencapaian mereka".

Pernyataan tersebut mengatakan Osaka telah didekati dan diminta untuk mempertimbangkan kembali posisinya, tetapi ada "kurangnya keterlibatan." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home