Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:06 WIB | Jumat, 29 April 2022

Tentara AS “Curi” Kue Ulang Tahun, Menggantinya 77 Tahun Kemudian

Tentara dari Garnisun Angkatan Darat AS Italia mengembalikan kue ulang tahun ke Meri Mion, tengah, di Vicenza, Italia utara, Kamis, 28 April 2022, untuk menggantikan kue yang dimakan tentara AS saat mereka memasuki kampung halamannya selama salah satu pertempuran terakhir Perang Dunia II. Meri Mion, yang berusia 90 tahun pada hari Jumat, menyeka air mata saat dia disajikan dengan kue. Mion berusia 13 tahun ketika orang Amerika datang ke desa terdekatnya, San Pietro di Gù. (Foto: Laura Krieder, Angkatan Darat AS via AP)

 ROMA, SATUHARAPAN.COM-Dengan tulisan melingkar "Selamat Ulang Tahun" dalam bahasa Italia dan Inggris, Angkatan Darat Amerika Serikat memberi seorang perempuan Italia dengan kue ulang tahun pada hari Kamis (28/4). Ini sebagai “ganti” kue yang dimakan tentara AS saat mereka memasuki kampung halamannya pada salah satu pertempuran terakhir Perang dunia II.

Meri Mion, yang berusia 90 tahun pada hari Jumat (29/4), menyeka air mata saat dia menerima kue itu dalam sebuah upacara di Vicenza, barat laut Venesia. Peristiwa tersebut menandai peringatan hari Divisi Infanteri ke-88 yang berjuang memasuki kota pada tanggal 28 April 1945.

Menurut Angkatan Darat AS, Mion menghabiskan malam itu bersama ibunya bersembunyi di loteng pertanian mereka di desa terdekat San Pietro di Gù. Tentara Jerman yang mundur telah menembaki rumah itu, tetapi ketika Mion terbangun di pagi hari pada ulang tahunnya yang ke-13, tentara Amerika berada di dekatnya.

Dalam sebuah pernyataan, Garnisun Angkatan Darat AS Italia mengatakan ibu Mion memanggang kue ulang tahun untuknya dan meninggalkannya di ambang jendela agar dingin. Tapi keu itu menghilang, tampaknya diambil oleh tentara Amerika yang lapar, dan yang merasa telah dijamu oleh orang Italia yang bersyukur dengan anggur dan roti saat mereka memasuki Vicenza di sepanjang jalan raya utamanya.

Mion tampak benar-benar terkejut bahwa tentara AS telah mengembalikan kue itu 77 tahun kemudian. Dia mengagumi "Mama mia" dan "Grazie" saat kerumunan kecil yang menampilkan komandan AS dan pejabat Italia menyanyikan "Selamat Ulang Tahun."

"Besok, kita akan makan makanan penutup itu, dengan semua keluarga saya mengingat hari yang indah ini yang tidak akan pernah saya lupakan," kata Mion, menurut Angkatan Darat AS. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home