Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:48 WIB | Jumat, 16 Februari 2024

Tentara Bayaran Gurkha Nepal di Perang Ukraina: Jangan Ikut

Asap hitam mengepul di atas kota setelah serangan pesawat tak berawak di kota Lviv di Ukraina barat pada 19 September 2023, di tengah invasi militer Rusia ke Ukraina. (Foto: dok. AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Tentara bayaran Nepal yang berperang untuk Rusia di Ukraina, terpikat untuk melakukan pembunuhan jauh dari kampung halaman mereka di Himalaya dengan janji mendapat paspor dan uang tunai, namun mereka yang kembali dan terluka memperingatkan siapa pun yang tergoda untuk ikut perang: “Jangan ikut.”

Meskipun tentara bayaran Nepal dalam sebulan bisa mendapatkan penghasilan hampir dua kali lipat dari penghasilan mereka dalam satu tahun di negara asal mereka, namun kondisi di sana sangat brutal dan banyak yang terbunuh atau terluka.

“Saya menyaksikan teman-teman saya meninggal di depan saya,” kata Surya Sharma yang meminta penggunaan nama samaran karena alasan hukum. “Warga Nepal yang pergi mungkin tidak bisa membayangkan betapa mengerikannya perang ini.”

Tak lama setelah pria berusia 24 tahun itu menjalani pelatihan dasar dengan pasukan Rusia, unitnya diserang dalam perjalanan ke garis depan di Ukraina timur. “Saat hujan bom dan peluru, saya pikir hidup saya sudah berakhir, itu saja,” katanya. “Saya ada di sana untuk mati.”

Menggabungkan medan Himalaya yang sulit dengan kemiskinan yang parah, Nepal telah lama menjadi sumber tentara bayaran yang ganas untuk berperang, dengan Gurkha tentara Inggris sebagai contoh yang paling terkenal.

Namun warga Nepal hanya sah untuk mendaftar tempur dengan militer asing jika ada perjanjian pemerintah, yang hanya berlaku di Inggris dan India.

Tergiur Gaji US$ 2.200 per Bulan

Sejak awal perangnya di Ukraina, Rusia telah menggunakan tentara bayaran, termasuk kelompok paramiliter Wagner, sebelum pemberontakan mereka dibatalkan pada bulan Juni lalu.

Baik Rusia maupun Ukraina tidak akan memberikan angka berapa banyak pejuang asing yang berada di militer mereka, maupun jumlah mereka yang ditahan sebagai tawanan perang.

Namun pemerintah Nepal mengatakan lebih dari 200 warga negaranya telah mendaftar menjadi tentara Rusia sejak mereka menginvasi Ukraina dua tahun lalu.

Sharma yakin jumlah mereka mungkin 10 kali lebih besar, termasuk pelajar, mantan tentara, dan bahkan mantan kombatan Maois. “Kami termasuk yang awal bergabung, tapi sekarang orang Nepal banyak, pasti ada 2.500 hingga 3.000,” katanya.

Setidaknya 12 warga Nepal tewas dan lima lainnya menjadi tawanan perang di Ukraina, kata kementerian luar negeri di Kathmandu.

Mereka yang kembali mengatakan jumlah korban tewas sebenarnya juga jauh lebih tinggi, dan menurut media lokal, warga Nepal juga berjuang untuk Ukraina.

Untuk menarik para pejuang, Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah menawarkan kewarganegaraan Rusia, yang memungkinkan penerimanya bekerja, selain gaji bulanan sebesar US$ 2.200 (setara Rp. 35 juta)

Hal ini menggiurkan bagi sebagian orang di negara dengan PDB per kapita sedikit di atas US$ 1.300 (setara Rp 20 juta), menurut Bank Dunia, salah satu yang terendah di Asia.

Seperti Sebuah Film

Video para rekrutan Nepal yang menjalani pelatihan militer di Rusia mulai muncul di TikTok tahun lalu, mendorong seorang mantan veteran untuk mendaftar wajib militer pada bulan Juli.

“Ini adalah perang, dan kami mengambil risiko,” kata pria berusia 39 tahun itu kepada AFP, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena tindakannya ilegal.

Pria tersebut, yang telah bertugas selama lebih dari satu dekade di tentara Nepal sebelum bekerja untuk polisi di Dubai, mengumpulkan sekitar US$ 15.000 dalam enam bulan sebelum terluka dan harus kembali ke Nepal, dan menggunakannya untuk membangun rumah.

“Jika ada peluang kerja yang bagus di Nepal, tidak ada yang akan pergi,” tambahnya.

Sharma, pria berusia 24 tahun, menderita rasa sakit yang membakar setiap langkah yang diambilnya akibat pecahan logam yang terkubur di kakinya. Dia bilang dia ditipu oleh agen Nepal.

Setiap tahun, ratusan ribu warga Nepal mencari pekerjaan di luar negeri, 400.000 di antara mereka secara resmi, banyak lainnya secara illegal, dan banyak dari agen tersebut membayar ribuan dolar untuk memfasilitasi perjalanan mereka.

Sharma meminjam uang untuk pergi ke Rusia dengan visa pelajar tetapi mendapati dia tidak diizinkan bekerja, dan satu-satunya pekerjaan yang dia temukan adalah berperang.

“Saya mempunyai pinjaman yang harus dibayar di rumah dan tidak dapat mengirim uang,” katanya di kamar sewaannya di Kathmandu.

Meskipun tidak memiliki pengalaman militer sebelumnya, dia “memilih bergabung dengan tentara karena saya mendengar bahwa uangnya bagus. Itu bukan karena saya ingin, tetapi situasi yang memaksa saya untuk melakukannya.”

Dia menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dua bulan pelatihan dasar. “Saya bekerja di pemerintahan, tapi saya dengar ada warga Nepal yang bertempur di pasukan swasta juga,” katanya.

Para anggota baru, 15 di antara mereka warga Nepal, bangun pukul enam untuk memulai latihan. “Kami mempelajari posisi menembak, cara membuat bunker, dan cara menargetkan drone,” katanya.

Namun “bahasanya juga menjadi masalah”, tambahnya. “Kami tidak dapat memahami instruksi yang mereka berikan, dan di medan pertempuran hal itu bisa berbahaya.”

Dikirim ke garis depan di Ukraina, unit Sharma, sebagian besar orang Rusia, dengan enam warga Nepal, disergap bahkan sebelum mereka mencapai Kupiansk di timur.

Ledakan tersebut menewaskan beberapa rekan Sharma dan dia terluka di kaki dan tangan. “Terkadang rasanya seperti di film.”

Dia menghabiskan waktu berbulan-bulan di rumah sakit sebelum meninggalkan negaranya saat dia hampir pulih untuk mencari bantuan dari kedutaan Nepal di Moskow.

“Saya tidak bisa kembali” ke garis depan pertempuran, katanya. “Jadi, saya mengambil risiko untuk kembali ke Nepal, berpikir saya akan masuk penjara atau pulang.”

Jangan Datang

Nepal sepertinya melarang warganya bekerja di Rusia atau Ukraina dalam kapasitas apa pun, untuk mencegah perekrutan mereka. Setidaknya 12 orang telah ditangkap di Nepal karena mengirim orang untuk berperang demi Rusia.

Para pria tersebut sering kali dibawa melalui India atau Uni Emirat Arab dan diajari kebohongan yang rumit untuk menipu pihak berwenang, kata polisi.

“Nepal adalah negara yang percaya pada non blok dan perdamaian,” kata Menteri Luar Negeri Nepal, NP Saud kepada AFP. “Kami tidak memiliki perjanjian dengan Rusia dan telah meminta agar orang-orang tersebut segera dipulangkan.”

Kedutaan Besar Rusia di Kathmandu tidak menanggapi permintaan komentar.

Berbicara kepada AFP melalui telepon dari tempat tidurnya di rumah sakit di Rusia, seorang warga Nepal yang terluka memperingatkan warganya untuk menolak godaan tersebut.

“Tidak peduli seberapa banyak Anda mempersiapkan diri, hal itu tidak akan berhasil ketika bom jatuh dan drone menyerang,” kata pria berusia 27 tahun itu. “Saya meminta yang lain: jangan datang.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home