Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:03 WIB | Jumat, 21 Oktober 2022

Tentara Iran Berada di Krimea Bantu Rusia Perang di Ukraina

Tentara Iran berbaris selama parade militer saat mereka menandai hari tentara tahunan negara itu di Teheran, pada 18 April 2019. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Personel militer Iran telah berada di lapangan di Krimea yang diduduki Rusia untuk membantu pasukan Moskow melakukan serangan ke Ukraina dengan pesawat tak berawak buatan Iran, kata Gedung Putih, hari Kamis (20/10).

"Kami menilai bahwa personel militer Iran berada di lapangan di Krimea dan membantu Rusia dalam operasi ini," kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, kepada wartawan.

Kirby mengatakan bahwa orang Iran di Krimea adalah pelatih dan pekerja dukungan teknis, dan bahwa Rusia mengemudikan drone, yang telah menyebabkan kerusakan signifikan pada infrastruktur Ukraina.

“Teheran sekarang terlibat langsung di lapangan, dan melalui penyediaan senjata yang berdampak pada warga sipil dan infrastruktur sipil di Ukraina,” katanya.

“Amerika Serikat akan melakukan segala cara untuk mengungkap, menghalangi, dan menghadapi penyediaan amunisi ini oleh Iran terhadap rakyat Ukraina.”

“Kami akan terus dengan penuh semangat menegakkan semua sanksi AS terhadap perdagangan senjata Rusia dan Iran,” tambah Kirby. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home