Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:55 WIB | Sabtu, 13 Mei 2023

Tentara Myanmar Serang Desa, Bunuh 19 Warga dan Bakar Mayat Mereka

Tentara pemerintah militer Myanmar. (Foto: dok. Radio Free Asia)

YANGON, SATUHARAPAN.COM-Tentara dari pemerintah militer Myanmar menyerbu sebuah desa di wilayah tengah negara itu, menewaskan 19 penduduk desa termasuk empat anak dan membakar tubuh mereka, media independen dan seorang penduduk mengatakan pada hari Jumat (12/5).

Pembunuhan pada hari Rabu (10/5) di desa Nyaung Pin Thar di kotapraja Htantabin di wilayah Bago mungkin sebagai pembalasan atas serangan oleh pasukan perlawanan yang menentang kekuasaan militer.

Radio Free Asia, sebuah layanan berita yang didanai Amerika Serikat, mengutip seorang anggota Pasukan Pertahanan Rakyat yang dibentuk secara lokal mengatakan pembunuhan itu terjadi setelah pertempuran pada hari yang sama antara tentara dan kelompoknya dan sekutunya dari Tentara Pembebasan Nasional Karen, sebuah kelompok pemberontak etnis yang beroperasi di daerah tersebut. Dia mengatakan pasukan perlawanan membunuh 20 tentara dan menangkap tiga petugas.

Seorang petani dari desa tersebut mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia kehilangan istrinya, putrinya yang berusia tujuh tahun, dan sembilan kerabat lainnya dalam penggrebegan oleh sekitar 10 tentara.

Petani, yang berbicara dengan syarat anonim karena dia takut ditangkap, mengatakan dia telah bekerja di ladang dan tidak kembali pada hari Rabu setelah dia diberitahu bahwa tentara telah memasuki desa, jadi dia tidak menyaksikan pembunuhan tersebut.

Ketika dia kembali keesokan harinya, anggota keluarganya sudah pergi dan dia menemukan mayat, hangus tak bisa dikenali, di dua tempat di desa kecil itu. “Mereka membunuh orang semudah membunuh ayam atau burung. Setidaknya mereka harus melepaskan anak-anak yang tidak mengerti apa-apa, atas dasar kemanusiaan,” kata petani itu.

Dia mengatakan 19 orang telah tewas, dan tampaknya mereka telah ditembak di kepala sebelum tubuh mereka dibakar menggunakan bensin dan solar yang diambil dari sebuah toko di desa tersebut. Dia mengatakan tentara juga mengambil bir dan minuman beralkohol yang mereka konsumsi.

Laporan pembunuhan, bersama dengan foto dan video sisa-sisa korban, juga muncul di media independen Myanmar dan media sosial pada hari Jumat, pada hari yang sama kelompok pemantau hak asasi manusia merilis laporan yang menuduh militer Myanmar dibunuh. dengan sengaja melakukan kekejaman, termasuk pemenggalan kepala, untuk menanamkan teror pada mereka yang melawan tentara dan pada masyarakat yang sudah kecewa dengan kebiadaban militer.

Kekejaman Ogre Column

Kelompok hak asasi, Myanmar Witness, menunjuk unit tentara yang dijuluki Ogre Column karena kebrutalannya di wilayah tengah Sagaing, yang dianggap sebagai bagian dari jantung tradisional Myanmar.

Sagaing adalah kubu perlawanan bersenjata terhadap militer yang berkuasa, yang merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021, dari pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi. Pengambilalihan tentara memicu protes massal tanpa kekerasan yang ditekan dengan kekuatan mematikan, memicu perlawanan bersenjata di seluruh negeri.

Myanmar Witness mengatakan penyelidikannya atas delapan insiden antara akhir Februari dan awal April menemukan bahwa setidaknya 33 penduduk desa tewas, 12 di antara mereka dipenggal dan dua dipotong-potong oleh Ogre Column dan unit lainnya. Sebagian besar korban yang dipenggal dibiarkan dalam tampilan yang aneh.

“Dalam sejumlah kasus ini, orang-orang dibunuh dan kemudian dipenggal. Karena pemenggalan tidak memiliki tujuan fungsional, itu merupakan peringatan yang dramatis dan mengerikan bagi mereka yang menentang kekuasaan militer,” kata laporan itu.

Dikatakan Ogre Column adalah bagian dari Divisi Infanteri Ringan ke-99 tentara.

Seorang pemimpin pasukan pertahanan lokal yang mengkremasi tubuh dua anak laki-laki yang dipenggal yang dibunuh oleh Ogre Column pada bulan April mengatakan kepada The Associated Press bahwa pembunuhan itu "lebih kejam daripada kelompok tentara lainnya."

Laporan itu mengatakan Divisi Infanteri Ringan ke-99, yang berbasis di wilayah Mandalay tetangga Sagaing, dan Sekolah Pelatihan Militer No. 8 di kotapraja Shwebo Sagaing telah berulang kali disalahkan oleh penduduk desa atas sebagian besar pembunuhan.

Saksi Myanmar mengatakan Divisi Infanteri Ringan ke-99 memiliki sejarah kekerasan, dengan dugaan keterlibatan dalam serangan kontra-pemberontakan brutal tahun 2017 di negara bagian barat Rakhine yang mendorong lebih dari 700.000 anggota minoritas Muslim Rohingya melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh demi keamanan.

Saksi Myanmar mengatakan temuannya didasarkan pada penyelidikan gambar dan video setelah insiden dan laporan di media pro-militer dan independen. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home