Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:24 WIB | Selasa, 23 Mei 2023

Tentara Sudan Lancarkan Serangan Udara ke Khartoum Sebelum Gencatan Senjata Berlaku

Seorang pria berjalan sementara asap mengepul di atas gedung-gedung setelah pemboman udara, selama bentrokan antara Pasukan Dukungan Cepat paramiliter dan tentara di Khartoum Utara, Sudan, 1 Mei 2023. (Foto: dok. Reuters)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Tentara Sudan melakukan serangan udara di ibu kota Khartoum pada hari Senin (22/5), kata penduduk, berusaha untuk memenangkan tanah melawan saingan paramiliternya beberapa jam sebelum gencatan senjata selama sepekan yang bertujuan untuk memungkinkan pengiriman bantuan akan berlaku.

Tentara juga melakukan serangan udara hingga hari Minggu (21/5) malam, kata saksi mata, menargetkan kendaraan dari unit paramiliter Pasukan Pendukung Cepat (RSF) yang telah beroperasi di daerah pemukiman di ibu kota sejak konflik antara kedua faksi militer meletus pada 15 April.

Kedua belah pihak mengatakan mereka akan mematuhi gencatan senjata mulai pukul 21:45 waktu setempat hari Senin (22/5). Meskipun pertempuran berlanjut melalui gencatan senjata sebelumnya, ini adalah gencatan senjata pertama yang disetujui secara resmi setelah negosiasi.

Kesepakatan gencatan senjata mencakup mekanisme pemantauan yang melibatkan tentara dan RSF serta perwakilan dari Arab Saudi dan Amerika Serikat, yang menjadi perantara kesepakatan tersebut setelah pembicaraan di Jeddah.

Kesepakatan itu telah meningkatkan harapan akan jeda dalam perang yang telah mendorong hampir 1,1 juta orang meninggalkan rumah mereka, termasuk lebih dari 250.000 orang yang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, mengancam untuk mengacaukan wilayah yang bergejolak.

Pada hari Senin, penduduk melaporkan serangan udara di Khartoum, Omdurman dan Bahri, tiga kota yang membentuk ibu kota besar, dipisahkan oleh pertemuan Sungai Nil Biru dan Nil Putih. Mereka juga mengatakan bentrokan terdengar di pusat Khartoum.

Tentara telah berjuang untuk mengusir RSF dari posisi strategis di pusat kota Khartoum dan dari lingkungan tempat mereka menduduki bangunan sipil. RSF, yang berakar pada milisi yang ditakuti yang bertempur dengan pemerintah di Darfur, mahir dalam pertempuran darat, sementara tentara sangat bergantung pada serangan udara dan artileri berat.

Warga Sudan Terjebak dalam Konflik Bersenjata

Lebih dari lima pekan pertempuran di Khartoum telah menjebak jutaan orang di rumah atau lingkungan mereka.

Warga telah melaporkan memburuknya pelanggaran hukum dan penjarahan, serta pemadaman listrik dan pemadaman air. Pasokan makanan semakin menipis di beberapa daerah, dan sebagian besar rumah sakit berhenti beroperasi.

Perjanjian yang ditengahi di Jeddah difokuskan untuk mengizinkan masuknya bantuan dan memulihkan layanan penting. Mediator mengatakan pembicaraan lebih lanjut akan diperlukan untuk mencari pemindahan pasukan dari daerah perkotaan untuk menengahi kesepakatan damai permanen dengan keterlibatan sipil.

Perang meletus di Khartoum di tengah rencana panglima militer Abdel Fattah al-Burhan dan komandan RSF Mohamed Hamdan Dagalo untuk menandatangani transisi politik baru menuju pemilihan di bawah pemerintahan sipil.

Burhan dan Hemedti mengambil posisi teratas di dewan penguasa Sudan setelah penggulingan mantan pemimpin Omar al-Bashir selama pemberontakan rakyat pada 2019, berbagi kekuasaan dengan kelompok sipil.

Pada tahun 2021, mereka melancarkan kudeta sebagai tenggat waktu untuk menyerahkan kepemimpinan transisi ke warga sipil.

Sejak bulan lalu, pertempuran juga berkobar di wilayah barat Darfur, yang telah dilanda konflik dan kerusuhan selama dua dekade yang terus berlanjut meskipun ada kesepakatan damai dengan beberapa kelompok pada tahun 2020.

Sekitar 705 orang telah tewas di seluruh Sudan dan setidaknya 5.287 terluka, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), meskipun jumlah kematian yang sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home