Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:17 WIB | Jumat, 08 Januari 2021

Terancam Dipecat, Trump Akui Kemenangan Joe Biden

Ini ancaman pemecatan yang kedua, dan lebih serius, yang dihadapi Trump.
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Donald Trump menghadapi ancaman pemecatan yang kedua, dan buru-buru pada hari Kamis (7/1) dia mengakui bahwa Joe Biden akan menjadi presiden Amerika Serikat berikutnya. Ini terjadi sehari setelah para pendukungnya menyerbu Capitol AS dalam serangan yang luar biasa terhadap demokrasi Amerika saat Kongres mengesahkan kemenangan Biden.

Trump sampai Kamis pagi waktu setempat terus mengklaim bahwa pemilu telah dicurangi, namun sekarang mengatakan fokusnya beralih pada memastikan transisi yang mulus ke pemerintahan Biden. Itu dia katakana dalam sebuah video yang dirilis pada hari Kamis malam. Biden, seorang dari Partai Demokrat, akan dilantik pada 20 Januari.

Trump kemudia mengecam kekerasan pada hari Rabu (6/1), dengan mengatakan perusuh telah mencemari kursi demokrasi Amerika. Namun banyak pihak justru menuding dia sebagai penyulut kekerasan di Capitol, dan itu yang membuat dia bisa diancam pemecatan, sebelum jabatannya berakhir dalam beberapa hari kedepan.

Desakan untuk Mundur atau Dipecat

"Melayani sebagai presiden Anda telah menjadi kehormatan seumur hidup saya," kata Trump, seorang dari Partai Republikan. “Dan untuk semua pendukung saya yang luar biasa, saya tahu Anda kecewa, tetapi saya juga ingin Anda tahu bahwa perjalanan luar biasa kita baru saja dimulai.”

Pernyataan itu sangat berlawanan dengan Trump, yang menghadapi seruan yang terus meningkat agar dia pengunduran diri atau digulingankan setelah serangan hari Rabu. Trump telah menghabiskan waktu berbulan-bulan bersikeras bahwa dia menang dalam pemilihan 3 November karena penipuan yang meluas, meskipun tidak ada bukti.

Desakannya pada hari Rabu kepada ribuan pendukung bahwa mereka berbaris ke Capitol untuk memprotes hasil pemilihan yang mendorong massa yang menyerbu petugas polisi dan menyerbu gedung Capitol, memaksa anggota Kongres bersembunyi demi keselamatan mereka sendiri.

Para petinggi Partai Demokrat di Kongres, Ketua Kongres, Nancy Pelosi, dan pemimpin Senat Demokrat, Chuck Schumer, meminta Wakil Presiden Mike Pence dan Kabinet Trump untuk menggunakan Konstitusi AS untuk mencopot Trump, karena "hasutannya untuk memberontak."

Amandemen ke-25 memungkinkan mayoritas Kabinet untuk menggulingkan presiden dari kekuasaan jika dia tidak dapat menjalankan tugasnya.

Tetapi seorang penasihat Pence mengatakan Wakil Presiden, yang harus memimpin upaya semacam itu, menentang penggunaan amandemen untuk menggulingkan Trump dari Gedung Putih.

Tekanan Kongres

Jika Pence gagal bertindak, Pelosi mengisyaratkan dia kemungkinan akan mengumpulkan kembali anggota Kongres untuk memulai proses pemecatan terhadap Trump atas perannya dalam kekerasan pada hari Rabu, yang merenggut lima nyawa, termasuk seorang petugas Kepolisian Capitol, yang kematiannya dikonfirmasi di Twitter oleh kongres AS Sebagai Dean Phillips.

Sejumlah anggota dari Partai Republik juga menyerukan pencopotan Trump. Halaman editorial Wall Street Journal, yang dianggap sebagai suara utama dari Partai Republik, meminta Trump untuk mengundurkan diri pada Kamis malam.

Beberapa anggota pemerintahan Trump, termasuk Elaine Chao, menteri transportasi dan istri pemimpin mayoritas Senat, Mitch McConnell, mengundurkan diri sebagai isyarat simbolis terhadap kekerasan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home