Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:02 WIB | Senin, 26 Juli 2021

Terbang Bersama Jeff Bezos, Tapi Tak Pernah Belanja di Amazon

Oliver Daemen, 18 tahun, dari Belanda, berbicara pada konferensi pers pasca-peluncuran setelah ia terbang dengan tiga awaknya dalam penerbangan perdana Blue Origin ke tepi luar angkasa, di kota terdekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat pada 20 Juli 2021. (Foto: Reuters/Joe Skipper)

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM-Remaja Belanda yang menjadi penjelajah ruang angkasa termuda di dunia pekan ini mengejutkan miliarder Jeff Bezos dalam penerbangan dengan mengatakan kepadanya bahwa dia tidak pernah memesan apa pun di Amazon.com.

Oliver Daemen, seorang mahasiswa fisika berusia 18 tahun, menemani Bezos, saudaranya, Mark Bezos, dan penerbang perempuan berusia 82 tahun, Wally Funk, orang tertua yang terbang ke luar angkasa, dalam perjalanan 10 menit di luar atmosfer Bumi.

Bezos mendanai perusahaan eksplorasi Blue Origin dengan menjual saham senilai miliaran dolar di bisnis pengiriman online-nya, Amazon.

"Saya memberi tahu Jeff, saya sebenarnya tidak pernah membeli sesuatu dari Amazon," kata Daemen kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada hari Jumat (23/7) di Bandara Schiphol Amsterdam. "Dan dia seperti, 'oh, wow, sudah lama sekali saya mendengar seseorang mengatakan itu'."

Daemen, yang dipilih setelah kandidat lain menawar US$ 28 juta untuk perjalanan yang dibatalkan pada menit terakhir, mengetahui bahwa dia akan bergabung dengan penerbangan saat liburan keluarga di Italia.

"Mereka menelepon dan berkata: Apakah Anda masih tertarik?' dan kami katakan 'Ya! Ya! Ya!'"

Daemen telah memimpikan perjalanan ruang angkasa sejak ia masih kecil, mengikuti setiap perkembangan oleh perusahaan eksplorasi ruang angkasa seperti Blue Origin dan mendapatkan lisensi pilotnya di usia muda.

"Kami bahkan tidak membayar US$ 28 juta, tetapi mereka memilih saya karena saya yang termuda dan saya juga seorang pilot dan saya juga sudah tahu cukup banyak tentang itu."

Bola Pingpong di Luar Angkasa

Kenyataan masih belum tenggelam dalam tiga hari setelah perjalanan. "Saya tidak berpikir saya menyadarinya sampai saya berada di roket: 'wow, itu benar-benar terjadi'," katanya. "Itu adalah tujuan utama saya... tapi saya tidak pernah berpikir itu akan secepat ini."

Para kru menerima pelatihan keselamatan selama dua hari, tetapi tidak ada yang sulit, kata Daemen, yang dapat dilihat dalam video perjalanan melempar bola pingpong tanpa bobot dengan Jeff Bezos.

"Itu sangat keren. Sangat aneh menjadi tanpa bobot. Lebih mudah dari yang saya duga. Rasanya seperti berada di air."

Daemen, yang akan mulai di Universitas Utrecht pada bulan September, mengatakan dia tidak yakin apa yang ingin dia lakukan di kemudian hari, tetapi akan serius mempertimbangkan karir di perjalanan ruang angkasa.

Ditanya bagaimana rasanya bepergian dengan kapal roket dengan seorang miliarder, dia menjawab dengan senyum lebar: "Mereka sangat menyenangkan dan semuanya membumi, selucu kedengarannya." (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home