Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:48 WIB | Selasa, 01 Maret 2022

Terbaru dari Invasi Rusia: Serangan Artileri, 70 Pasukan Ukraina Tewas

Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan bagian dari konvoi militer dan rumah yang terbakar di barat laut Invankiv, Ukraina Senin, 28 Februari 2022. (Citra satelit © 2022 Maxar Technologies via AP)

KIEV, UKRAINA: Lebih dari 70 tentara Ukraina tewas setelah artileri Rusia menghantam pangkalan militer di Okhtyrka, sebuah kota antara Kharkiv dan Kiev, tulis kepala wilayah itu di Telegram.

Dmytro Zhyvytskyy memposting foto-foto sebuah bangunan berlantai empat yang hangus dan tim penyelamat mencari korban di puing-puing. Dalam posting Facebook kemudian, dia mengatakan banyak tentara Rusia dan beberapa penduduk setempat juga tewas dalam pertempuran pada hari Minggu (27/2). Laporan itu tidak dapat segera dikonfirmasi.

Selain itu, foto-foto satelit menunjukkan konvoi pasukan Rusia di utara ibu kota Ukraina membentang sepanjang 40 mil. Konvoi besar kendaraan lapis baja, tank, artileri dan kendaraan pendukung berjarak 17 mil (25 kilometer) dari pusat Kiev dan membentang sekitar 40 mil, menurut citra satelit dari Maxar Technologies.

Foto-foto Maxar juga menunjukkan pengerahan pasukan darat dan unit helikopter serang darat di Belarusia selatan.

 

CANBERRA, AUSTRALIA: Australia akan memberi Ukraina bantuan senilai US$ 50 juta dalam bentuk rudal, amunisi, dan perangkat keras militer lainnya untuk melawan penjajah Rusia.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, pada hari Selasa (1/3) menguraikan rencana negaranya setelah mengungkapkan sehari sebelumnya bahwa pemerintahnya akan memberi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy peralatan militer yang mematikan. Morrison hanya menjanjikan peralatan militer yang tidak mematikan pada pekan lalu.

"Presiden Zelenskyy berkata: 'Jangan beri saya tumpangan, beri saya amunisi,' dan itulah yang telah disetujui oleh pemerintah Australia untuk dilakukan," kata Morrison.

Australia telah berkomitmen US$ 50 juta untuk memberikan dukungan pertahanan yang mematikan dan tidak mematikan bagi Ukraina melalui NATO, katanya. "Sebagian besar dari itu ... akan berada dalam kategori mematikan," kata Morrison.

“Kami berbicara tentang rudal, kami berbicara tentang amunisi, kami berbicara tentang mendukung mereka dalam membela tanah air mereka sendiri di Ukraina dan kami akan melakukan itu dalam kemitraan dengan NATO,” kata Morrison.

“Saya tidak akan membahas secara spesifik karena saya tidak berencana memberi tahu pemerintah Rusia tentang apa yang akan mereka lakukan, tetapi saya dapat meyakinkan mereka bahwa itu akan datang kepada Anda,” tambahnya.

 

 

WASHINGTON, AMERIKA SERIKAt: Duta besar Ukraina untuk AS memberi tahu para senator bahwa negaranya membutuhkan lebih banyak senjata militer karena memerangi invasi Rusia.

Senator muncul dari pertemuan Senin (28/2) malam dengan Duta Besar Oksana Markarova di Capitol saat Kongres sedang mempersiapkan dana tambahan untuk membantu Ukraina selama krisis. Gedung Putih sedang mencari setidaknya US$6,4 miliar bantuan militer dan kemanusiaan.

“Mereka membutuhkan lebih banyak senjata,” kata Senator Mark Warner, D-Va., ketua Komite Intelijen.

“Ini David versus Goliath,” kata Senator Jim Risch dari Idaho, Republikan teratas di Komite Hubungan Luar Negeri. "Saya pikir setiap manusia yang membaca laporan yang keluar dari sana menyadari bahwa ini mengerikan."

Senator di AS sedang bekerja untuk menyediakan amunisi seperti sistem anti-tank dan anti-pesawat ke Ukraina, yang disebut Risch sebagai upaya "semua hal di atas".

 

KIEV, UKRAINA: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan pasukan Rusia telah mengintensifkan penembakan di Ukraina, menyebutnya sebagai upaya untuk memaksa pemerintahnya membuat konsesi selama pembicaraan yang diadakan hari Senin.

Dalam pidato video Senin malam, Zelenskyy mengatakan bahwa “pembicaraan berlangsung dengan latar belakang pengeboman dan penembakan di wilayah kami, kota-kota kami. Sinkronisasi penembakan dengan proses negosiasi sudah jelas. Saya yakin Rusia mencoba menekan (pada Ukraina) dengan metode sederhana ini.”

Presiden tidak memberikan rincian tentang pembicaraan selama berjam-jam itu sendiri. Namun dia mengatakan Ukraina tidak siap untuk membuat konsesi "ketika satu pihak saling memukul" lainnya dengan artileri roket.”

Zelenskyy mengatakan bahwa Kiev, ibu kotanya, tetap menjadi “tujuan utama” bagi Rusia dan bahwa pasukan Rusia juga telah menembaki kota Kharkiv dengan artileri roket.

Sementara itu, Menteri Transformasi Digital Ukraina mengatakan peralatan untuk menggunakan layanan internet satelit Starlink SpaceX telah tiba di negaranya.

Mykhailo Fedorov berterima kasih kepada pendiri SpaceX, Elon Musk, atas peralatan tersebut dalam sebuah posting Twitter Senin yang disertai dengan foto kotak di bagian belakang truk.

Musk menjawab dengan tweetnya sendiri yang mengatakan: "Sama-sama." Miliarder teknologi itu mengatakan pada akhir pekan bahwa Starlink sekarang "aktif" di Ukraina dan lebih banyak peralatan untuk menggunakannya sedang dalam perjalanan. Itu mengikuti permintaan publik dari Fedorov untuk layanan tersebut.

Starlink adalah sistem internet berbasis satelit yang telah dibangun SpaceX selama bertahun-tahun untuk menghadirkan akses internet ke daerah-daerah yang kurang terlayani di dunia. Ini memasarkan dirinya sebagai "cocok ideal" untuk area di mana layanan internet tidak dapat diandalkan atau tidak tersedia.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home