Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:46 WIB | Senin, 28 Februari 2022

Terbaru dari Krisis Ukraina: Ada Rencana Pertemuan Delegasi Rusia dan Ukraina

Pengungsi yang melarikan diri dari perang dari negara tetangga Ukraina tiba di Zahony, Hongaria, Minggu, 27 Februari 2022. Ratusan ribu warga Ukraina mencari perlindungan di negara-negara tetangga, menggendong anak-anak di satu tangan dan menenteng barang-barang di tangan lainnya. Para pemimpin di Polandia, Hongaria, Bulgaria, Moldova dan Rumania menawarkan sambutan yang hangat. (Foto: AP/Anna Szilagyi)

SATUHARAPAN.COM-Invasi Rusia terhadap Ukraina yang telah menyebabkan kekacauan dunia, berdampak pada masalah keamanan dan ekonomi dengan naiknya harga minyak, telah menjadi keprihatinan dunia.

Pada awal pekan ini bahkan ada peringatan untuk kesiagaan pasukan nuklir dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang menyebabkan kekhawatiran memicu perang nuklir, baik karena didesain maupun tidak sengaja.

Berikut perkembangan terbaru krisis akibat invasi Rusia ke Ukraina.

PENGUNGSI DARI UKRAINA: Pejabat tinggi migrasi Uni Eropa mengatakan lebih dari 300.000 orang Ukraina yang melarikan diri dari perang telah memasuki blok 27 negara dalam beberapa hari terakhir dan memperingatkan bahwa Eropa harus siap untuk jutaan orang yang akan tiba.

Komisioner Urusan Dalam Negeri Uni Eropa, Ylva Johansson, mendesak pertemuan para menteri dalam negeri blok itu untuk memicu mekanisme perlindungan khusus yang dibentuk 20 tahun lalu untuk membantu menangani masuknya pengungsi.

"Kami harus bersiap untuk jumlah yang lebih besar, dan kami harus mempersiapkan dukungan yang perlu kami berikan kepada orang-orang Ukraina yang melarikan diri," katanya kepada wartawan pada pertemuan UE di Brussels.

Sistem perlindungan didirikan setelah perang di bekas Yugoslavia dan Kosovo, ketika ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Ini belum pernah digunakan. Ini memberikan izin tinggal untuk waktu yang tetap, kemungkinan pekerjaan, akomodasi, kesejahteraan sosial, perawatan medis dan pendidikan untuk anak-anak.

 

YUNANI KIRIM SENJATA KE UKRAINA: Pihak berwenang mengatakan Yunani mengirim amunisi, senapan serbu, dan peluncur rudal ke Ukraina sebagai tanggapan atas permintaan pemerintah Ukraina. Bantuan militer diputuskan pada pertemuan hari Minggu pagi antara Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis dan pejabat senior pertahanan.

Sebuah pesawat C-130 dengan peralatan telah tiba di Polandia, dan yang kedua akan tiba kemudian, kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan. Dua pesawat lagi yang membawa bantuan kemanusiaan seperti selimut dan makanan juga telah meninggalkan Bandara Internasional Athena menuju Polandia, kata juru bicara itu.

 

WHO PERINGATKAN PERSEDIAAN OKSIGEN UKRAINA: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa pasokan oksigen, penting untuk memerangi COVID-19 dan penyakit lainnya, mencapai “titik yang sangat berbahaya” di Ukraina karena kesulitan transportasi setelah invasi militer Rusia, yang membahayakan ribuan nyawa.

“Mayoritas rumah sakit dapat menghabiskan cadangan oksigen mereka dalam 24 jam ke depan. Ini menempatkan ribuan nyawa dalam risiko,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dan direktur regional WHO Eropa, Dr. Hans Kluge, dalam pernyataan bersama Minggu sore di Eropa. Mereka mengatakan kekurangan listrik, dan bahaya ambulans terjebak dalam baku tembak, meningkatkan risiko bagi pasien.

 

JEPANG PUTUSKAN HUBUNGAN DENGAN BANK RUSIA: Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, mengatakan Jepang telah memutuskan untuk bergabung dengan Amerika Serikat dan negara-negara Eropa dalam memutus bank-bank utama Rusia dari sistem pesan keuangan internasional SWIFT untuk meningkatkan sanksi terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Jepang juga akan membekukan aset Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan pejabat tinggi Rusia lainnya, sambil mengirimkan US$ 100 juta bantuan kemanusiaan darurat ke Ukraina, kata Kishida kepada wartawan.

“Invasi Rusia ke Ukraina adalah upaya sepihak untuk mengubah status quo dan tindakan itu mengguncang fondasi tatanan internasional. Ini merupakan pelanggaran langsung terhadap hukum internasional dan kami mengecam keras tindakan tersebut,” kata Kishida.

Dalam sebuah pernyataan menyambut sanksi baru dari Jepang, Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan AS dan sekutunya “akan terus bekerja sama secara erat untuk membebankan biaya parah lebih lanjut dan membuat perang pilihan Putin sebagai kegagalan strategis.”

 

WARGA RUSIA PROTES INVASI KE UKRAINA: Dari Moskow hingga Siberia, warga Rusia kembali turun ke jalan pada hari Minggu untuk memprotes invasi Rusia ke Ukraina. Demonstran berbaris di pusat kota, meneriakkan "Tidak untuk perang."

Protes terhadap invasi dimulai pada hari Kamis dan berlanjut selama empat hari berturut-turut, meskipun polisi dengan cepat bergerak untuk menahan ratusan orang setiap hari.

Di Sankt Peterburg, di mana puluhan orang berkumpul di pusat kota, polisi dengan perlengkapan anti huru hara menangkap pengunjuk rasa dan menyeret beberapa ke mobil polisi, meskipun demonstrasi berlangsung damai.

Menurut kelompok hak asasi manusia OVD-Info yang melacak penangkapan politik, pada Minggu sore polisi menahan setidaknya 356 orang Rusia di 32 kota karena demonstrasi anti-perang.

 

PERTEMUAN DELEGASI UKRAINA DAN RUSIA: Kantor kepresidenan Ukraina telah mengkonfirmasi bahwa sebuah delegasi akan bertemu dengan para pejabat Rusia, saat pasukan Moskow semakin dekat ke Kiev.

Kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan hari Minggu di aplikasi pesan Telegram bahwa kedua belah pihak akan bertemu di lokasi yang tidak ditentukan di perbatasan Belarusia dan tidak memberikan waktu yang tepat untuk pertemuan itu.

Berita pertemuan itu muncul tak lama setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukan nuklir Rusia dalam siaga tinggi sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya "pernyataan agresif" oleh negara-negara besar NATO.

 

WARGA JERMAN PROTES INVASI RUSIA KE UKRAINA: Sekitar 100.000 orang telah turun ke Berlin untuk memprotes invasi Rusia ke Ukraina dan menunjukkan solidaritas dengan rakyat Ukraina. Polisi mengatakan kerumunan besar telah memenuhi area yang semula direncanakan untuk demonstrasi, di sekitar Gerbang Brandenburg di pusat Berlin, dan mereka mengalokasikan ruang tambahan untuk mengakomodasi para pengunjuk rasa.

Protes pada hari Minggu berlangsung damai, termasuk banyak keluarga dengan anak-anak. Orang-orang mengibarkan bendera Ukraina kuning dan biru untuk menunjukkan dukungan mereka. Beberapa membawa plakat dengan slogan-slogan seperti "Lepaskan Ukraina" dan "Putin, pergi dan tinggalkan Ukraina dan dunia dalam damai."

 

POLANDIA SAMBUT WARGA UKRAINA: Sementara negara-negara seperti Polandia dan Hongaria menyambut baik warga Ukraina yang melarikan diri, beberapa warga asing yang ingin meninggalkan Ukraina telah melaporkan kesulitan di perbatasan Polandia.

Seorang sukarelawan India di Polandia hari Minggu mengatakan beberapa warga India yang berusaha melarikan diri dari Ukraina ke Polandia terjebak di perbatasan menuju Medyka, Polandia, dan tidak dapat menyeberang.

Kedutaan Besar India di Kiev hari Minggu mengatakan bahwa warga India sedang dievakuasi dari Ukraina ke Rumania dan Hongaria. Tetapi beberapa telah tiba di perbatasan dengan Polandia tampaknya tidak menyadari hal ini dan terjebak.

Ruchir Kataria, sukarelawan, mengatakan kepada The Associated Press bahwa orang India yang ingin menyeberang di Medyka diberi tahu dalam bahasa Inggris yang terputus-putus: "Pergi ke Rumania." Tetapi mereka telah melakukan perjalanan panjang dengan berjalan kaki ke perbatasan, dan tidak memiliki cara untuk mencapai perbatasan dengan Rumania yang jaraknya ratusan kilometer.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home