Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:09 WIB | Minggu, 06 Maret 2022

Terbaru Invasi ke Ukraina: Pasukan Rusia Serbu Kota Pelabuhan Mariupol

Terbaru Invasi ke Ukraina: Pasukan Rusia Serbu Kota Pelabuhan Mariupol
Perempuan berpegangan tangan saat menyeberangi sungai Irpin di jalur improvisasi di bawah jembatan yang dihancurkan oleh serangan udara Rusia, sambil membantu orang-orang yang melarikan diri dari kota Irpin, Ukraina, Sabtu, 5 Maret 2022. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Terbaru Invasi ke Ukraina: Pasukan Rusia Serbu Kota Pelabuhan Mariupol
Orang-orang berbaring di lantai di tempat perlindungan bom rakitan di pusat olah raga, yang dapat menampung hingga 2000 orang, di Mariupol, Ukraina, Minggu malam, 27 Februari 2022. (Foto: dok.AP/Evgeniy Maloletka)

LVIV, SATUHARAPAN.COM- Pasukan Rusia telah mengintensifkan penembakan di kota pelabuhan Mariupol, termasuk dengan penggunaan pesawat, kata wali kota hari Sabtu (5/3) malam.

"Kota ini dalam keadaan pengepungan yang sangat, sangat sulit," kata Vadym Boychenko kepada TV Ukraina. "Penembakan tanpa henti terhadap blok perumahan sedang berlangsung, pesawat telah menjatuhkan bom di daerah perumahan."

Boychenko mengatakan bahwa ribuan anak-anak, perempuan dan orang tua diserang ketika mereka tiba di pagi hari untuk kemungkinan evakuasi melalui koridor jalan yang aman. Rusia berjanji untuk menghentikan penembakan Mariupol, sebuah kota pelabuhan berpenduduk 430.000 jiwa, dan Volnovakha, sebuah kota di timur, tetapi melanggar gencatan senjata.

Rusia telah membuat kemajuan signifikan di selatan, dan berusaha untuk memotong akses Ukraina ke laut. Menguasai Mariupol, yang telah menangkis serangan selama enam hari, dapat memungkinkan Rusia membangun koridor darat ke Krimea, yang dicaploknya pada 2014.

 

Menlu Ukraina Sebut 10.000 Pasukan Rusia Tewas

KIEV, Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, pada hari Sabtu menggemakan pernyataan presiden bahwa Rusia telah kehilangan lebih dari 10.000 tentara.

Kuleba juga mengatakan dalam pesan video yang dirilis oleh pemerintah Ukraina bahwa Rusia telah kehilangan puluhan pesawat dan ratusan kendaraan lapis baja.

Klaim tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen. Militer Rusia tidak memberikan pembaruan rutin informasi tentang korban mereka. Pada hari Rabu, pejabat militer mengungkapkan korban tewas 498.

“Rusia terus menanggung kerugian yang menghancurkan di lapangan, dan saya tidak dapat memahami bagaimana ibu, istri, dan anak perempuan dari tentara Rusia ini menanggung rasa sakit ini, melihat bagaimana Presiden Putin mengirim lebih banyak orang yang mereka cintai ke Ukraina,” kata Kuleba.

Kuleba menambahkan, “Ukraina berdarah tetapi Ukraina belum jatuh dan berdiri (dengan) kedua kaki di tanah.”

 

Unjuk Rasa Menentang Invasi Rusia

NEW YORK, Ratusan orang berunjuk rasa di Times Square New York City pada hari Sabtu untuk menunjukkan solidaritas dengan Ukraina. Banyak peserta yang mengibarkan bendera Ukraina atau melingkarkan bendera di bahu mereka pada demonstrasi sore itu.

Yang lain membawa tanda-tanda yang mencela Presiden Rusia Vladimir Putin atau menyerukan zona larangan terbang yang akan diberlakukan di Ukraina.

Sekitar 140.000 orang keturunan Ukraina tinggal di New York, menjadikannya populasi Ukraina terbesar di AS, menurut data populasi dari pemerintah federal.

 

Perusahaan di Arizona Sumbang Sejuta Peluru

PHOENIX, Sebuah perusahaan amunisi yang berbasis di Arizona menawarkan untuk menyumbangkan satu juta peluru kepada militer Ukraina di tengah invasi Rusia ke tetangganya di Eropa.

CEO Fred Wagenhals dari AMMO Inc. pada hari Jumat mengatakan itu adalah tanggapannya atas seruan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, untuk bantuan internasional.

Tidak ada indikasi segera apakah pemerintah AS akan menyetujui ekspor amunisi yang diusulkan, yang memiliki harga eceran sekitar US$ 700.000, stasiun televisi Phoenix KSAZ-TV melaporkan.

Perusahaan ini berbasis di Scottsdale, pinggiran kota Phoenix.

 

Perawatan Korban dengan Cahaya dari Ponsel

MARIUPOL, Dokter mengandalkan cahaya yang melalui jendela dan yang dipancarkan dari ponsel untuk merawat tentara Ukraina yang terluka pada hari Sabtu di sebuah rumah sakit di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, tempat gencatan senjata yang dijanjikan gagal.

Dr Evgeniy mengatakan rumah sakit tidak memiliki listrik atau panas. Pasien berbaris di tempat tidur di sepanjang koridor, dan beberapa orang meringkuk di lantai untuk melindungi diri.

"Kami memiliki beberapa masalah dengan persediaan, tidak cukup analgesik," kata Dubrov. “Kami sudah bekerja lebih dari sepekan tanpa istirahat.”

Seorang tentara, Svyatoslav Borodin, mengatakan sebuah ledakan mengaburkan penglihatannya, dan dia mengira dia mungkin kehilangan kakinya. Prajurit lain menggunakan tourniquet. "Menakutkan," katanya. "Sangat menakutkan."

Di kota Irpin, dekat Kiev, lautan manusia yang berjalan kaki dan gerobak dorong melewati sisa-sisa jembatan yang hancur untuk menyeberangi sungai dan mengungsi.

Dibantu oleh tentara Ukraina, mereka membawa hewan peliharaan, bayi, dompet, dan tas tipis berisi barang-barang minimal. Beberapa orang yang lemah dan lanjut usia dibawa sepanjang jalan dengan selimut dan gerobak.

Sementara itu, Presiden Rumania, Klaus Iohannis, mengunjungi sebuah kamp pengungsi di Siret pada hari Sabtu dan menyatakan bahwa tidak ada orang Ukraina yang akan ditolak masuk ke negaranya.

Dia menjanjikan makanan, pakaian, transportasi dan bantuan dengan dokumen pribadi. “Ini adalah situasi yang tidak diinginkan oleh orang Ukraina dan Rumania, tetapi kami sangat bertekad untuk menghadapinya di sini di Rumania, sebagaimana mestinya,” kata Iohannis.

 

Pasukan Rusia Rebut Dua Pembangkit Tenaga Nuklir

LVIV, Pasukan Rusia kini telah merebut dua pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina dan bergerak menuju pembangkit listrik ketiga, kata presiden Ukraina saat berbicara dengan para senator AS pada Sabtu.

Volodymyr Zelenskyy mengatakan pembangkit listrik ketiga yang saat ini terancam adalah pembangkit listrik tenaga nuklir Yuzhnoukrainsk, yang terletak 120 kilometer (75 mil) utara Mykolaiv, salah satu dari beberapa kota yang coba dikepung Rusia pada hari Sabtu.

Salah satu pembangkit listrik di bawah kendali Rusia adalah pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di tenggara kota Enerhodar, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Yang lainnya adalah Chernobyl, yang tidak aktif tetapi masih dikelola. Penembakan Rusia sebelumnya memicu kebakaran di pabrik Zaporizhzhia yang padam tanpa pelepasan radiasi.

Sistem keselamatan teknis masih utuh dan tingkat radiasi masih normal di pabrik Zaporizhzhia, menurut regulator nuklir negara itu, Badan Energi Atom Internasional mengatakan Sabtu. Ukraina memiliki empat pembangkit nuklir dengan total 15 reaktor. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home