Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:01 WIB | Minggu, 02 April 2023

Teroris dari Iran Serang Pasukan Patroli Pakistan

Tentara Iran berjaga-jaga di pos patroli di Zabol, Iran tenggara, dekat perbatasan Afghanistan, pada 10 Oktober 2012. Wilayah itu berbatasan dengan Afghanistan dan Pakistan, dan terletak di jalur penyelundupan utama. (Foto: dok. AFP)

QUETTA, SATUHARAPAN.COM-Tentara Pakistan mengatakan pada hari Sabtu (1/4) bahwa penyerang dari Iran membunuh empat tentara patroli perbatasannya.

"Sekelompok teroris yang beroperasi dari sisi Iran menyerang patroli perbatasan rutin pasukan keamanan Pakistan yang beroperasi di sepanjang Perbatasan Pakistan-Iran," kata tentara dalam sebuah pernyataan.

Insiden itu terjadi di distrik Kech di barat daya Provinsi Baluchistan, yang memiliki perbatasan panjang tanpa hukum dengan Afghanistan dan Iran.

Militer mengatakan pihak berwenang Pakistan melakukan kontak dengan Iran untuk mencari cara mencegah insiden semacam itu di masa depan. Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab.

Kelompok nasionalis etnis Baluch yang memberontak di daerah itu mengatakan mereka berjuang untuk bagian yang lebih besar dari sumber daya daerah. Kelompok Baluch beroperasi di kedua sisi perbatasan.

Provinsi ini kaya akan mineral dan juga memiliki pelabuhan laut dalam Gawadar, yang sedang dikembangkan dengan uang China sebagai bagian dari investasi “Belt and Road” Beijing senilai US$65 miliar di Pakistan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home