Loading...
INSPIRASI
Penulis: Endang Setyomurti 07:07 WIB | Kamis, 25 Juni 2015

Tertawa dan Jadilah Sehat!

Hati yang gembira adalah obat yang manjur.
Tertawa bersama (foto: istimewa)

SATU HARAPAN.COM – ”Kesehatan Adalah Pilihan”—itulah tema penyuluhan kesehatan bagi perempuan yang saya ikuti beberapa waktu lalu. Moderator mengawali dengan memberikan data usia harapan hidup manusia dari waktu ke waktu.  Sebelum Masehi usia harapan hidup perempuan hanya sampai 25 tahun; hingga 1000 Masehi mencapai 30 tahun; pada abad pertengahan mencapai 40 tahun; baru pada 1900-an mencapai 50 tahun. Dan setelah itu, usia harapan hidup perempuan makin meningkat, pada 2000-an mencapai usia 80 tahun.

Kesehatan adalah pilihan. Pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan untuk mendukung kesehatan manusia saat ini sudah semakin canggih.  Pemerintah  juga berupaya semakin baik dalam mendukung  kesehatan masyarakat, sehingga diharapkan upaya kesehatan menjadi suatu gerakan bersama yang saling mendukung.

Dokter penyuluh menjelaskan mengenai 5 penyakit tidak menular yang menempati urutan teratas di dunia saat ini yaitu: stres, kegemukan, hipertensi, jantung, dan diabetes.

Di antara 5 penyakit itu, stres menjadi salah satu penyakit orang modern yang semakin banyak dijumpai. Hal ini bukan saja dialami orang tua, kalangan muda pun banyak yang mengalami stres. Penyebabnya adalah orang sering kali semakin tergesa-gesa, tertekan, gelisah, dan kehabisan energi, karena persaingan yang semakin keras. Dan ternyata jiwa yang tertekan akan menghalang-halangi gerak sekat rongga dada, dan merintangi peredaran darah ke otak sehingga mengacaubalaukan  metabolisme dalam tubuh seseorang.

Sang Dokter pun menegaskan bahwa tertawa merupakan obat yang manjur. Kemampuan untuk tertawa tidak saja menyenangkan, tetapi juga melatih organ-organ tubuh menjadi sehat. Orang saat ini semakin sulit tertawa karena kesibukan dan beban hidupnya!

Tertawa bermula dari paru-paru, mengocok limpa, perut, dan organ-organ dalam lainnya. Jantung berdetak lebih cepat, darah dialirkan lebih deras melalui urat nadi. Pernafasan menjadi lebih cepat dan lebih baik. Tertawa menambah keluarnya keringat, memperbesar rongga dada, mendesak udara yang busuk dari paru-paru yang kurang dipergunakan dan dengan demikian menambah kesehatan. Saat ini, ada terapi yang melatih orang untuk dapat tertawa lepas karena tertawa ternyata menyehatkan dan menggembirakan.

Tertawa tidak usah dibeli di apotik! Inilah pilihan tepat untuk menjadi sehat! Tertawa tak hanya memberi kehangatan dan semangat bagi diri sendiri, namun juga  lingkungan. Dan ketika kita tertawa, dunia di hadapan kita pun turut tertawa.

Tertawalah dan jadilah gembira! Sebab hati yang gembira adalah obat yang manjur, sementara semangat yang patah mengeringkan tulang. Tuhan memberikan kemurahan kepada manusia untuk bisa tertawa. Inilah kebijaksanaan hidup yang patut kita kembangkan.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home