Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:18 WIB | Selasa, 29 November 2016

Texas Umumkan Kasus Pertama Penularan Zika

Seorang spesialis kesehatan lingkungan memeriksa perangkap nyamuk pada bulan April di McAllen, Texas, di bagian selatan negara.( Foto: wsj.com/Getty Images/John Moore)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM - Texas, mengumumkan kasus pertama penularan lokal virus zika, negara bagian kedua di Amerika Serikat (AS), setelah Florida yang terkena penyakit akibat nyamuk yang bisa menyebabkan cacat kelahiran itu.

Kasus tersebut, terjadi pada seorang perempuan yang tidak hamil dan tidak bepergian ke tempat persebaran zika akhir-akhir ini, menurut Departemen Layanan Kesehatan Negara Bagian Texas.

Kasus itu kemungkinan dinilai sebagai akibat dari penularan lokal, sampai pejabat menemukan bukti ada nyamuk yang membawa penyakit tersebut.

“Sang pasien dikonfirmasi pekan lalu melalui tes laboratorium bahwa ia telah tertular,” menurut pernyataan itu.

Dia melaporkan, tidak pergi ke Meksiko baru-baru ini atau ke tempat lain yang dilanda penularan virus zika dan tidak ada faktor risiko lain.

Para pejabat kesehatan Texas mengatakan, tidak ada kasus dugaan penularan lokal lainnya untuk saat ini, namun berjanji akan melanjutkan pengawasan.

“Kami tahu hanya tinggal menunggu waktu, sebelum kita melihat ada penyebaran kasus zika oleh nyamuk di Texas,” kata John Hellerstedt, komisaris Departemen Layanan Kesehatan Negara Bagian.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home