Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 14:54 WIB | Senin, 10 Oktober 2022

Thailand: Kru CNN Didenda 5.000 Baht, Karena Mengambil Gambar di Lokasi Pembantaian

Umat Buddha berdoa bersama kerabat para korban serangan pembunuhan massal berkumpul untuk upacara Buddhis di Pusat Pengembangan Anak Muda di kota pedesaan Uthai Sawan, timur laut Thailand, hari Minggu, 9 Oktober 2022. Polisi Thailand sedang menyelidiki sebuah laporan bahwa seorang kru CNN secara tidak tepat memasuki pusat penitipan anak di mana lebih dari 20 anak prasekolah dibunuh ketika mereka melaporkan serangan itu, kata pihak berwenang pada hari Minggu. (Foto: AP/Sakchai Lalit)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Thailand pada Minggu (9/10) mendenda dua jurnalis CNN karena bekerja di negara itu dengan visa turis, tetapi membebaskan mereka. Denda itu dijatuhkan karena memasuki pusat penitipan anak di mana lebih dari 20 anak dibantai, dengan mengatakan bahwa mereka telah merekam di dalam dan percaya bahwa mereka telah memperoleh izin.

Wakil kepala polisi nasional, Surachate Hakparn, mengatakan para wartawan telah dilambai ke dalam gedung oleh seorang sukarelawan atau petugas kesehatan, tetapi tidak mengetahui bahwa orang tersebut tidak berwenang untuk mengizinkan mereka masuk.

Mereka masing-masing setuju untuk membayar denda sebesar 5.000 baht (setara US$ 133) dan meninggalkan negara itu setelah mengaku bekerja meskipun memasuki Thailand dengan visa turis, katanya.

Pihak berwenang mulai menyelidiki insiden itu setelah seorang reporter Thailand memposting gambar di media sosial dua anggota kru meninggalkan tempat kejadian di timur laut Thailand di mana seorang polisi yang dipecat pada hari Kamis (6/10) membantai 36 orang, 24 di antara mereka anak-anak. Seorang anggota awak CNN terlihat memanjat tembok rendah dan pagar di sekitar kompleks, melewati pita polisi, dan yang lainnya sudah berada di luar.

CNN mentweet bahwa kru telah memasuki tempat itu ketika garis polisi telah dilepas dari pusat, dan diberitahu oleh tiga pejabat kesehatan masyarakat yang keluar dari gedung bahwa mereka dapat merekam di dalam.

"Tim mengumpulkan rekaman di dalam pusat selama sekitar 15 menit, lalu pergi," kata CNN dalam tweet-nya. “Selama waktu ini, penjagaan telah dipasang kembali, jadi tim harus memanjat pagar di tengah untuk pergi.”

Tweet itu muncul sebagai tanggapan atas kritik dari Klub Koresponden Asing Thailand (FCCT), yang mengatakan "kecewa" dengan liputan CNN dan keputusan untuk memfilmkan TKP di dalamnya.

"Ini tidak profesional dan pelanggaran serius terhadap etika jurnalistik dalam pelaporan kejahatan," kata FCCT.

Asosiasi Jurnalis Thailand mengkritik tindakan CNN sebagai "tidak etis" dan "tidak sensitif," dan menyerukan penyelidikan internal perusahaan atas insiden tersebut selain penyelidikan resmi Thailand.

Dalam pernyataan selanjutnya, wakil presiden eksekutif dan manajer umum CNN International, Mike McCarthy, menegaskan kembali bahwa wartawannya meminta izin untuk memasuki gedung, tetapi tim "sekarang mengerti bahwa para pejabat ini tidak berwenang untuk memberikan izin ini," menambahkan bahwa itu "mereka tidak pernah berniat untuk melanggar aturan apa pun.”

Dia mengatakan CNN telah berhenti menyiarkan laporan itu dan telah menghapus video dari situs webnya.

"Kami sangat menyesalkan segala kesusahan atau pelanggaran yang mungkin ditimbulkan oleh laporan kami, dan atas ketidaknyamanan kepada polisi pada saat yang menyedihkan bagi negara ini," katanya dalam pernyataan yang di-tweet oleh CNN.

Sebagai pembantaian terburuk di Thailand, serangan itu menarik perhatian media internasional secara luas ke kota kecil Uthai Sawan di pedesaan timur laut negara itu. Pada hari Minggu, hanya sedikit yang tersisa tetapi sejumlah besar media Thailand terus melaporkan dari tempat kejadian. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home