Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:45 WIB | Kamis, 07 April 2022

Thailand Laporkan Varian Baru COVID-19, Omicron XE

virus CDOVID-19. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Thailand telah mengkonfirmasi adanya temuan varian baru COVID-19, yaitu Omicron XE. Terkait ini, Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa Omicron XE merupakan gabungan/rekombinan dari dua varian Omicron yang sudah ada, yaitu BA.1 dan BA.2.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menghimbau masyarakat tidak perlu takut berlebih atas temuan varian baru itu.

"Karena rekombinasi virus bukan merupakan hal baru dan sudah banyak terjadi termasuk pada virus selain COVID. Terlebih lagi, ketakutan yang berlebihan pun akan berpengaruh pada imunitas tubuh menghadapi berbagai ancaman penularan penyakit di sekitar kita," kata Wiku, hari Selasa (5/4).

Merujuk data awal penelitian mendapati kemampuan penularan Omicron XE sekitar 10% lebih tinggi dari Omicron BA.2. Akan tetapi, WHO sendiri menekankan perlunya penelitian lebih lanjut terkait temuan awal ini. Sejauh ini, menurut Kementerian Kesehatan, varian yang pertama kali ditemukan di Inggris ini belum ditemukan di Indonesia.

"Untuk itu, Pemerintah selalu memantau dan menggunakan data terkini dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam berbagai penyesuaian kebijakan," kata Wiku.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home