Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 07:17 WIB | Jumat, 25 September 2015

The Fed Tetap Ingin Naikkan Bunga Tahun Ini

Ketua The Federal Reserve, AS, Janet Yellen (Foto: blogs.wsj.com)

Washington (AFP/Antara) - Ketua Federal Reserve AS, Janet Yellen, mengatakan pada Kamis bahwa dia masih mengharapkan menaikkan suku bunga tahun ini. Ia juga mengatakan bahwa kekhawatiran tentang pertumbuhan global yang melemah kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi rencana itu.

Yellen mengatakan perbaikan dalam ekonomi AS "mungkin akan memerlukan sebuah awal peningkatan suku bunga Federal Funds tahun ini."

Para pembuat kebijakan akan terus memantau aktivitas lemah di luar negeri, katanya, tetapi dampaknya mungkin tidak akan "cukup besar memiliki pengaruh yang signifikan untuk kebijakan," katanya dalam pidato di Universitas Massachusetts, Amherst.

Pernyataan Yellen datang seminggu setelah bank sentral AS pada pertemuan yang ditunggu secara luas memilih untuk menunda kenaikan suku bunga pertama sejak krisis keuangan 2008.

Setelah pertemuan 17 September, Yellen mengatakan dalam konferensi pers bahwa komite (FOMC) memutuskan untuk menunda karena kekhawatiran tentang pelambatan pertumbuhan di Tiongkok dan pelarian modal dari pasar negara-negara berkembang.

Tetapi dalam pidato Kamis, Yellen mengatakan pembuat kebijakan masih "memantau perkembangan di luar negeri" tapi tidak berpikir hal itu akan menggelincirkan ekonomi AS.

"Prospek untuk ekonomi AS umumnya tampak kuat," kata Yellen, mengutip kenaikan rata-rata lapangan kerja bulanan 210.000 dan data lain yang menunjukkan ekonomi telah berkembang.

"Rekan-rekan saya dan saya, berdasarkan perkiraan kami terbaru, mengantisipasi bahwa pola ini akan terus berlanjut dan bahwa kondisi pasar tenaga kerja akan meningkat lebih lanjut ketika kita menuju 2016." (Ant/Fed)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home