Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 13:20 WIB | Senin, 08 Februari 2021

Tianwen-1 China Foto Planet Mars dari Jarak 2,2 Juta Km

Gambar pertama Mars yang diambil oleh pesawat tak berawak Tianwen-1 China terlihat di gambar selebaran yang dirilis oleh Badan Antariksa Nasional China (CNSA) 5 Februari 2021. (Foto: CNSA via REUTERS)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Badan antariksa China, Jumat (5/2), mengatakan misi eksplorasi luar angkasa perdananya ke Mars berhasil menangkap gambar pertama planet merah itu.

Diabadikannya gambar tersebut terjadi sekitar enam bulan setelah pesawat nirawak Tianwen-1 meninggalkan Bumi dalam misi ke Mars.

Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA), mengatakan Tianwen-1 mengambil gambar dari jarak sekitar 2,2 juta km dari Mars.

Mereka merilis foto Mars berwarna hitam-putih.

CNSA dalam sebuah pernyataan mengatakan pesawat itu sekarang hanya setengah jarak dari Mars dan sekitar 184 juta km dari Bumi setelah 197 hari dalam misinya.

Tianwen-1 diluncurkan pada Juli dari Pulau Hainan, selatan China dan diharapkan mencapai orbit Mars pada bulan ini.

Pada Mei 2021, pesawat tersebut berencana akan mendarat di Utopia Planitia, sebuah daratan di belahan utara planet Mars.

Jika berhasil, Tianwen-1 akan menjadikan China sebagai negara pertama yang mengorbit, mendarat, dan mengerahkan penjelajah dalam misi perdananya ke Mars.

China sebelumnya mengajukan tawaran misi Mars pada 2011 pada Rusia, tetapi pesawat luar angkasa Rusia yang membawa wahana itu gagal keluar dari orbit Bumi dan hancur di atas Samudra Pasifik. (VOA)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home