Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:38 WIB | Minggu, 27 Juni 2021

Tidak Ada Mahluk ET: Laporan Intelijen AS tentang UFO

Gambar dari video yang disediakan oleh Departemen Pertahanan berlabel Gimbal, dari tahun 2015, sebuah objek yang tidak dapat dijelaskan terlihat di tengah karena dilacak saat membubung tinggi di awan, bergerak melawan angin. Pemerintah AS mengamati dengan seksama benda terbang tak dikenal, di bawah perintah Kongres, dan sebuah laporan yang diperkirakan akan keluar pada Juni 2021. (Foto: Departemen Pertahanan via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Laporan pemerintah Amerika Serikat yang telah lama ditunggu-tunggu tentang UFO (benda asing luar angkasa) yang dirilis hari Jumat (25/6) memperjelas setidaknya satu hal bahwa kebenarannya masih ada di luar sana.

Penyelidik tidak menemukan hubungan luar angkasa dalam meninjau 144 penampakan pesawat atau perangkat lain yang tampaknya terbang dengan kecepatan atau lintasan misterius. Tetapi mereka menarik beberapa kesimpulan lain dan malah menyoroti perlunya pengumpulan data yang lebih baik tentang apa yang semakin jelasdilihat oleh Partai Demokrat dan Partai Republik sebagai masalah keamanan nasional.

Dalam semua laporan, kecuali satu penampakan yang diselidiki, ada terlalu sedikit informasi bagi penyelidik untuk secara luas mencirikan sifat insiden itu.

Ada 18 kasus di mana saksi melihat pola pergerakan atau karakteristik objek penerbangan yang "tidak biasa", kata laporan itu, menambahkan bahwa analisis lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah penampakan itu mewakili teknologi "terobosan".

Sudah lama UFO menjadi domain fiksi ilmiah dan apa yang disebut ahli ufologi, subjek UFO dalam beberapa tahun terakhir telah menarik studi serius dari Pentagon dan badan intelijen. Prospek mata-mata musuh dengan teknologi yang tidak diketahui telah membuat khawatir anggota parlemen di kedua partai.

Kongres tahun lalu mengharuskan pembuatan laporan yang disampaikan pada hari Jumat. Sementara kurangnya kesimpulan telah dipublikasikan, laporan tentang apa yang disebut pemerintah sebagai “unidentified aerial phenomena” (UAP/fenomena udara tak dikenal) masih merupakan tonggak sejarah dalam studi masalah ini.

Pejabat AS yang memberi tahu wartawan dengan syarat anonim mengatakan tidak ada indikasi yang jelas bahwa penampakan itu dapat dikaitkan dengan kehidupan asing. Juga tidak ada hubungan pasti penampakan dengan teknologi musuh yang berpotensi tidak diketahui seperti dari Rusia atau China.

“Jelas bahwa kami perlu meningkatkan kapasitas kami untuk menganalisis lebih lanjut pengamatan terhadap UAP yang tersisa, bahkan ketika kami menerima bahwa ada beberapa batasan pada kapasitas kami untuk mengkarakterisasi dan memahami beberapa pengamatan yang kami miliki,” kata seorang pejabat.

Masalah Keamanan?

Laporan tersebut dipublikasikan secara online dan dikirimkan ke komite intelijen DPR dan Senat dengan lampiran rahasia. Anggota parlemen diberi pengarahan pekan lalu tentang penyelidikan. Satu orang yang menghadiri briefing rahasia dan berbicara dengan syarat anonim mengatakan bahwa anggota parlemen diberi sedikit informasi di luar apa yang tersedia untuk umum dan bahwa satu-satunya video yang ditampilkan telah dipublikasikan.

Laporan tersebut mencantumkan lima kategori potensial, termasuk kemungkinan musuh asing menerbangkan teknologi yang tidak diketahui ke peristiwa yang terjadi secara alami di atmosfer.

Tetapi hanya satu contoh yang dikategorikan sebagai "kekacauan udara" dan diyakini sebagai balon besar yang mengempis. Sisanya tidak dikategorikan karena kurangnya informasi. Itu termasuk tiga contoh penampakan potensial yang ditangkap pada video yang dideklasifikasi dan dirilis dalam beberapa tahun terakhir.

Departemen Pertahanan dalam tiga bulan ke depan mengembangkan strategi baru untuk mengumpulkan dan melacak informasi tentang penampakan potensial.

Wakil Menteri Pertahanan, Kathleen Hicks, mengatakan laporan UAP menyoroti masalah bahaya penerbangan di atau dekat tempat uji coba dan pelatihan militer. Dia memerintahkan pejabat tinggi intelijen dan keamanan Pentagon untuk membentuk cara yang lebih formal untuk mengoordinasikan pengumpulan, pelaporan, dan analisis informasi UAP. Badan ini juga akan membuat rekomendasi untuk mengamankan uji coba militer dan tempat pelatihan.

“Sangat penting bahwa Amerika Serikat menjaga keamanan dan keselamatan operasi di kawasan DoD (Departemen Pertahanan),” tulisnya dalam memo yang dirilis Jumat. “Untuk tujuan ini, sama pentingnya bahwa semua awak pesawat militer AS atau personel pemerintah melaporkan setiap kali pesawat atau perangkat lain mengganggu pelatihan militer. Ini termasuk pengamatan dan pelaporan UAP.”

Bagian dari upaya pengumpulan data adalah menghilangkan stigma terhadap UAP dan mendorong pilot untuk melaporkan apa yang mereka lihat, bahkan ketika apa yang mereka lihat tidak masuk akal.

“Masalah besar seputar UAP adalah stigma budaya,” kata Andre Carson, seorang Demokrat dari Indiana dan anggota Komite Intelijen Kongres, dalam sebuah wawancara pekan lalu. "Sebagian besar telah diturunkan ke fiksi ilmiah."

Senator Marco Rubio, yang sebagai Republikan teratas di Komite Intelijen Senat telah lama mendorong pengungkapan lebih lanjut tentang UAP, menyebut laporan itu “langkah pertama yang penting dalam membuat katalog insiden ini, tetapi itu hanya langkah pertama.”

“Departemen Pertahanan dan Komunitas Intelijen memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum kita benar-benar dapat memahami apakah ancaman udara ini menghadirkan masalah keamanan nasional yang serius,” kata Rubio dalam sebuah pernyataan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home