Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:40 WIB | Senin, 13 Februari 2023

Tiga Pemimpin Kristen Kecam Kriminalisasi terhadap LGBT

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, kanan, Paus Fransiskus, kiri, dan Moderamen Majelis Umum Gereja Presbiterian Skotlandia, Iain Greenshields bertemu dengan wartawan selama konferensi pers udara di atas pesawat menuju ke Roma, pada akhir kunjungan pastoralnya ke Kongo dan Sudan Selatan, hari Minggu, 5 Februari 2023. (Foto: Tiziana Fabi/pool via AP)

PESAWAT KEPAUSAN - Paus Fransiskus, Kepala Gereja Anglikan dan Kepala Gereja Presbiterian terkemuka bersama-sama mengecam kriminalisasi homoseksualitas pada hari Minggu (5/2) dan mengatakan kaum gay harus disambut oleh gereja mereka.

Tiga pemimpin Kristen berbicara tentang hak-hak LGBTQ selama konferensi pers bersama yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam perjalanan pulang dari Sudan Selatan, di mana mereka mengambil bagian dalam ziarah ekumenis tiga hari untuk mencoba mendorong proses perdamaian negara muda itu ke depan.

Mereka ditanya tentang komentar Fransiskus baru-baru ini kepada The Associated Press, di mana dia menyatakan bahwa undang-undang yang mengkriminalisasi kaum gay adalah “tidak adil” dan bahwa “menjadi homoseksual bukanlah kejahatan.”

Sudan Selatan adalah salah satu dari 67 negara yang mengkriminalisasi homoseksualitas, 11 di antaranya dengan hukuman mati. Pendukung LGBTQ mengatakan bahkan ketika undang-undang semacam itu tidak diterapkan, mereka berkontribusi pada iklim pelecehan, diskriminasi, dan kekerasan.

Franisiskus merujuk komentarnya pada 24 Januari ke AP dan mengulangi bahwa undang-undang semacam itu "tidak adil". Dia juga mengulangi komentar sebelumnya bahwa orang tua tidak boleh membuang anak gay mereka keluar rumah.

“Menghukum orang seperti ini adalah dosa,” katanya. “Mengkriminalisasi orang dengan kecenderungan homoseksual adalah ketidakadilan.”

“Orang-orang dengan kecenderungan homoseksual adalah anak-anak Tuhan. Tuhan Mencintai mereka. Tuhan menyertai mereka,” tambahnya.

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, mengenang bahwa hak-hak LGBTQ sangat banyak menjadi agenda Gereja Inggris saat ini, dan mengatakan dia akan mengutip kata-kata paus sendiri ketika masalah tersebut dibahas di Sinode Umum gereja yang akan datang.

“Saya berharap saya telah berbicara dengan fasih dan sejelas paus. Saya sepenuhnya setuju dengan setiap kata yang dia ucapkan,” kata Welby.

Baru-baru ini, Gereja Inggris memutuskan untuk mengizinkan pemberkatan bagi pernikahan sipil sesama jenis tetapi mengatakan pasangan sesama jenis tidak dapat menikah di gerejanya. Vatikan melarang pernikahan gay dan pemberkatan untuk serikat sesama jenis.

Welby mengatakan kepada wartawan bahwa masalah kriminalisasi telah diangkat pada dua Konferensi Lambeth sebelumnya dari Komuni Anglikan yang lebih luas, yang mencakup gereja-gereja di Afrika dan Timur Tengah di mana undang-undang anti gay semacam itu paling umum dan sering mendapat dukungan dari para uskup konservatif.

Konferensi Lambeth yang lebih luas telah dua kali menentang kriminalisasi, "Tapi itu tidak benar-benar mengubah pikiran banyak orang," kata Welby.

Pendeta Iain Greenshields, moderamen Gereja Presbiterian Skotlandia yang juga berpartisipasi dalam ziarah dan konferensi pers, memberikan pengamatan.

“Tidak ada tempat dalam pembacaan saya tentang keempat Injil di mana saya melihat Yesus memalingkan siapa pun,” katanya. “Tidak ada tempat di keempat Injil di mana saya melihat hal lain selain Yesus yang mengungkapkan cinta kepada siapa pun yang dia temui.

“Dan sebagai umat Kristiani, itulah satu-satunya ungkapan yang dapat kita berikan kepada manusia mana pun, dalam keadaan apa pun.”

Gereja Skotlandia mengizinkan pernikahan sesama jenis. Ajaran Katolik berpendapat bahwa kaum gay harus diperlakukan dengan bermartabat dan hormat, tetapi tindakan homoseksual “tidak diatur secara intrinsik”. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home