Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:12 WIB | Kamis, 25 Juni 2015

Tiga Pemuda Malaysia Bersihkan 83 Masjid dalam 151 Hari

Tiga orang pemuda asal Malaysia menjadi perbicangan berbagai kalangan setelah memutuskan untuk membersihkan seluruh masjid di semenanjung Malaysia sepanjang bulan Ramadhan tahun ini. (Foto: mynewshub.com.my).

ALOR SETAR, MALAYSIA, SATUHARAPAN.COM – Tiga pemuda Malaysia melakukan aksi membersihkan 83 masjid dalam jangka waktu 151 hari di beberapa  negara bagian antara lain Malaysia, Kelantan, Terengganu, dan Pahang. Menurut berita.mediacorp.sg, Rabu (24/6) Annas Aiman Jaffry (27),  adiknya, Muhamad Aidil (24), dan satu sahabat  mereka M Izammuddin Aliddin (25)  berjalan dari satu kota ke kota lain, melintasi beberapa negara bagian  guna melakukan aksi bersih masjid yang dimulai sejak 24 Januari 2015 lalu.

Pada Ramadan 2015 mereka memiliki strategi yakni berjalan selepas santap  sahur di pagi buta. “Kami pergi pada pagi hari dalam  cuaca yang sejuk sehingga kita sampai  di masjid sebelum menjalankan kerja-kerja pembersihan,” kata Annas Aiman menjelaskan. Selama bulan Ramadan mereka berjalan hanya 20  kilometer dalam satu hari, padahal sebelum masa berpuasa mereka terbiasa  berjalan 40 kilometer dalam satu hari. Saat mereka bertiga selesai  membersihkan sebuah masjid berupa perabotan, karpet dan lain-lain, ditambah membersihkan halaman dan taman masjid biasanya mereka  bersosialisasi sembari mengikuti kegiatan keagamaan  di masjid tersebut.

Annas menambahkan selain membersihkan masjid, mereka mendapat pengalaman dan menambah ilmu pengetahuan, khususnya bermasyarakat dan agama Islam.

Muhammad Aidil mengatakan mereka siap menghadapi Hari Raya Idul Fitri  jauh dari keluarga, demi mengakhiri misi mulia tersebut.

Aidil yang sehari-hari adalah pegawai sebuah perusahaan swasta  di Shah Alam  mengatakan sebelumnya dia tidak pernah berlebaran jauh dari keluarga. “Kami yakin kami akan berbahagia di masjid yang akan menjadi tujuan kami, memang sedih tetapi kami perlu ketabahan luar biasa menjalani misi ini,” kata dia.

M Izammudin mengatakan sepanjang perjalanan mengarungi 83 masjid, banyak orang memberi bantuan keuangan kepada mereka untuk melanjutkan  pengembaraan tersebut.

“Ada yang terharu dengan kami, sekaligus memberi dukungan, itu sangat berarti bagi kami karena itu merupakan sumber semangat,” kata Izammudin.  (berita.mediacorp.sg).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home