Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:34 WIB | Selasa, 02 Desember 2014

Tiga WNI Selamat Dalam Tenggelamnya Kapal Korsel

Peta lokasi tenggelamnya kapal ikan Korea Selatan di perairan dingin yang terletak antara Rusia timur dan Alaska . (Foto: bbc.co.uk)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM – Delapan orang korban tenggelamnya kapal nelayan Korea Selatan yang membawa 60 awak berhasil diselamatkan, tiga diantaranya adalah warga Indonesia, tiga warga Filipina, satu warga Rusia, dan satu lagi warga Korea Selatan. Tetapi warga Korsel itu meninggal saat diselamatkan lantaran cuaca yang dingin hingga mencapai -20 derajat celsius, kata pejabat Korea Selatan.

Kapal Oryong 501 berbobot 1.753 ton yang dioperasikan Sajo Industries Korea Selatan tenggelam di perairan lepas pantai timur jauh Rusia pada pukul 02:20 siang (waktu setempat), menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (Ministry of Oceans and Fisheries) seperti dilaporkan kantor berita Korsel Yonhap pada Selasa (2/12).

Kapal penangkap ikan itu membawa satu pengawas Rusia, 11 warga Korea Selatan, 35 warga Indonesia dan 13 awal kapal asal Filipina, ujar seorang juru bicara kementerian.

Seorang pelaut Korea Selatan dikonfirmasikan meninggal sementara tujuh orang lainnya termasuk pengawas Rusia dan enam awak asing berhasil diselamatkan, ujarnya.

“Kapal itu perlahan-lahan miring setelah kemasukan air, memaksa para awaknya untuk meninggalkan kapal tersebut,” kata juru bicara tersebut.

“Sejumlah kapal dari perairan terdekat dilibatkan dalam operasi pencarian dan penyelamatan, namun operasi itu terkendala cuaca buruk.” (AFP/yonhap.co.kr)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home