Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:02 WIB | Senin, 30 Agustus 2021

Tim Robotik Putri Meninggalkan Afghanistan

Anggota tim robotika perempuan Afghanistan bekerja dengan robot mereka di area latihan pada 17 Juli 2017, untuk kompetisi Tantangan Global PERTAMA 2017 di DAR Constitution Hall, di Washington DC. (Foto: dok. AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Seorang pengacara untuk tim robotika putri Afghanistan mengatakan kepada seorang perempuan Oklahoma di Amerika Serikat untuk berhenti memuji penyelamatan anggota tim, menambahkan bahwa dia mempertaruhkan nyawa mereka, menurut laporan media.

CNN sebelumnya telah mewawancarai perempuan yang mengaku telah menyelamatkan mereka, Allyson Reneau, menyebutnya sebagai "ibu dari 11 anak dari Oklahoma."

Laporan itu mengatakan dia "mengambil tindakan untuk mengevakuasi sepuluh anggota tim robotika perempuan Afghanistan di tengah kekacauan yang sedang berlangsung di Afghanistan."

Tampilnya perempuan itu di media membahayakan keselamatan gadis-gadis dari tim robotika, kata pengacara DCF, organisasi induk tim, karena klaimnya merusak upaya penyelamatan yang sedang berlangsung di negara itu.

Pengacara telah mengirim surat untuk menghentikan ke Reneau, menurut laporan Washington Post.

Pekan lalu, sepuluh anggota tim dievakuasi dari Kabul dibawa ke Qatar setelah Taliban mengambil alih negara itu, menurut pernyataan Digital Citizen Fund (DCF) dan Kementerian Luar Negeri Qatar.

"Beberapa anggota tim robotika putri Afghanistan telah tiba dengan selamat di Doha, Qatar, dari Kabul, Afghanistan," kata pernyataan itu.

Lima gadis dari tim tiba di Meksiko pada pekan lalu. “Kami menyambut Anda dengan terhangat di Meksiko,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Meksiko, Martha Delgado, saat menyambut mereka dalam konferensi pers di bandara internasional Mexico City.

Beberapa anggota tim masih berada di Kabul, tetapi DCF mengatakan sedang mengatur penerbangan untuk membawa mereka ke luar negeri.

Gadis-gadis itu, yang berusia antara 16 dan 18 tahun, tiba dengan selamat di Doha setelah Taliban mengambil alih negara itu pekan lalu.

Beberapa anggota tim masih berada di Kabul, tetapi DCF mengatakan sedang mengatur penerbangan untuk membawa mereka ke luar negeri.

“Digital Citizen Fund (DCF), organisasi induk tim, sangat berterima kasih kepada pemerintah Qatar atas dukungan luar biasa mereka, yang termasuk tidak hanya mempercepat proses visa tetapi mengirim pesawat setelah penerbangan keluar dari Afghanistan berulang kali dibatalkan,” kata DCF dalam sebuah pernyataan.

Elizabeth Schaeffer Brown, seorang anggota dewan di DCF, mengatakan bahwa dia dan pendiri DCF telah bekerja dengan Qatar untuk mengangkut gadis-gadis itu ke luar negeri sejak awal Agustus ketika Taliban dengan cepat mulai menguasai Afghanistan.

 “Akhirnya gadis-gadis itu ‘menyelamatkan’ diri mereka sendiri. Jika bukan karena kerja keras dan keberanian mereka untuk menempuh pendidikan yang mempertemukan mereka dengan dunia, mereka akan tetap terjebak. Kita perlu terus mendukung mereka dan orang lain seperti mereka,” tambah anggota dewan tersebut.

Negara-negara di seluruh dunia telah mengirim lusinan penerbangan evakuasi ke Kabul untuk mengangkut warga mereka dan warga Afghanistan yang membantu pasukan pimpinan AS dalam dua dekade terakhir melarikan diri dari negara itu ketika Taliban mengambil alih negara itu. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home