Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 10:25 WIB | Senin, 18 April 2022

Tim Ukraina Disambut Meriah pada Invictus Games di den Haag

Tim Ukraina Disambut Meriah pada Invictus Games di den Haag
Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, kiri, atlet dan penonton memberikan tepuk tangan meriah kepada tim dari Ukraina, tengah dengan bendera biru dan kuning, saat upacara pembukaan venue Invictus Games di Den Haag, Belanda, Sabtu, 16 April. 2022. (Foto-foto: AP/Peter Dejong)
Tim Ukraina Disambut Meriah pada Invictus Games di den Haag
Pangeran Harry dan Meghan Markle, Duke dan Duchess of Sussex, menghadiri upacara pembukaan tempat Invictus Games di Den Haag, Belanda, Sabtu, 16 April 2022.

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Kompetisi Invictus Games untuk personel dan veteran yang terluka, terluka dan sakit dibuka hari Sabtu (16/4) malam di Belanda dengan penghargaan dari Pangeran Harry untuk anggota tim Ukraina yang meninggalkan negara mereka yang dilanda perang untuk ikut bersaing.

Harry dan istrinya, Meghan, di barisan depan untuk upacara pembukaan, para pesaing bersorak selama hampir satu menit ketika tim Ukraina mengibarkan bendera biru-kuning negara mereka setelah Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, menyambut mereka di acara yang tertunda selama dua tahun oleh pandemi virus corona.

Harry mendirikan Invictus Games untuk membantu rehabilitasi anggota dinas militer dan veteran yang terluka atau sakit dengan memberi mereka tantangan untuk bersaing dalam acara olah raga yang mirip dengan Paralimpiade.

Menyambut semua pesaing, Harry memilih tim Ukraina dan pendukung mereka. “Keberanian Anda dalam memilih untuk datang dan berada di sini malam ini tidak dapat dilebih-lebihkan,” katanya, sehari setelah bertemu dengan pihak Ukraina di sebuah resepsi.

“Kau tahu, kami mendukungmu. Dunia bersatu denganmu. Dan Anda masih layak mendapatkan lebih. Dan harapan saya adalah acara ini, acara ini, menciptakan peluang ... bagaimana kami sebagai komunitas global dapat tampil lebih baik untuk Anda,” tambah Harry.

Meghan naik ke panggung sebelum Harry dan memperkenalkannya, dengan mengatakan: “Saya tidak bisa lebih mencintai dan menghormatinya. Dan saya tahu bahwa Anda semua merasakan hal yang sama, karena dia adalah rekan veteran Anda, setelah menjalani dua kali tugas di Afghanistan dan 10 tahun dinas militer.”

Dia menyebut Harry "pendiri Invictus Games dan ayah dari dua anak kecil kami, Archie dan Lili."

Sebelumnya dalam upacara pembukaan, perdana menteri Belanda mengatakan potret atlet Invictus yang telah ditempatkan di sekitar Den Haag, kota yang menjadi tuan rumah kompetisi tahun ini, menggarisbawahi “ketahanan, ketabahan dalam menghadapi kesulitan, kerentanan dan kekuatan” para pesaing.

“Ini adalah kisah Anda, garis hidup Anda, dan peristiwa yang terjadi sekarang di Ukraina membuatnya semakin bergema. Saya ingin menyampaikan sambutan khusus kepada tim Ukraina,” katanya saat tepuk tangan dan sorak-sorai meletus.

Orang-orang Ukraina, banyak dari mereka yang beristirahat sejenak dalam membela negara mereka dari invasi Rusia yang memicu perang yang menghancurkan, termasuk di antara 500 pesaing dari 20 negara yang ambil bagian dalam pertandingan yang berlangsung hingga 22 April.

Sabtu pagi, kompetisi di pertandingan dimulai dengan tantangan mengemudi di sekitar jalur rintangan otomotif. Harry semakin dekat dengan aksinya ketika dia dibawa berkeliling lapangan. Dia dan Meghan kemudian melambai kepada penonton ketika mereka dibawa berkeliling dengan mobil Land Rover mini dengan anak-anak di belakang kemudi.

Mulai hari Minggu, peserta ambil bagian dalam atletik, panahan, bersepeda, dayung dalam ruangan, powerlifting, bola voli duduk, renang, bola basket kursi roda, dan rugby kursi roda.

Pada hari Jumat, Duke dan Duchess of Sussex, panggilan akrab Harry dan Meghan, menghadiri acara penyambutan bagi para pesaing dan teman serta keluarga mereka. Itu adalah penampilan publik pertama pasangan itu di Eropa sejak mereka melepaskan peran kerajaan formal mereka dan pindah ke AS lebih dari dua tahun lalu, mengutip tekanan tak tertahankan dari peran dan sikap rasis mereka dari media Inggris.

Pada hari Kamis pasangan itu mengunjungi nenek Harry, Ratu Elizabeth II yang berusia 95 tahun, di Kastil Windsor. Ratu telah berjuang dengan masalah mobilitas akhir-akhir ini. (AP)
 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home