Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:30 WIB | Jumat, 31 Maret 2017

Tiongkok: Jasad Kim Jong-nam Dikembalikan ke Korut

Staf medis berjalan di sayap forensik Rumah Sakit Kuala Lumpur, tempat bersemayamnya jenazah Kim Jong-Nam pada 29 Maret 2017. Enam pekan setelah pembunuhan tersebut, Malaysia mengatakan mereka masih menunggu keluarga untuk mengakui mayat tersebut, menolak rumor jenazah mereka sudah dikirim ke Pyongyang. (Foto: AFP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Jenazah Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, telah tiba di Pyongyang, kata para pejabat Tiongkok pada Jumat (31/03).

“Jenazah warga Korea Utara yang meninggal di Malaysia dan warga Korea Utara yang bersangkutan telah kembali ke Korea Utara melalui Beijing,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang saat pertemuan pers reguler.

“Menurut praktik internasional, dan juga atas dasar kemanusiaan, Tiongkok menawarkan bantuan untuk transit jenazahnya,” tambahnya.

Kim Jong-nam tewas dengan racun saraf mematikan VX pada 13 Februari di sebuah bandara di Kuala Lumpur, dalam sebuah operasi yang menyingkirkan sosok yang berpotensi merebut takhta Kim – dia adalah putra sulung mendiang Kim Jong-Il – yang dianggap aib bagi Pyongyang.

Pembunuhan tersebut memicu sengketa diplomatik antara Malaysia dengan Korea Utara, yang saling mengusir duta besar mitranya dan melarang warga mereka pergi.(AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home