Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:58 WIB | Kamis, 03 November 2016

Tiongkok Kecam Komentar ‘Mata Sipit’ Komisaris Eropa

Guenther Oettinger. (Foto: dw.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Tiongkok mengungkapkan bahwa mereka merasa terhina atas komentar anggota Komisi Eropa Guenther Oettinger, pada hari Rabu (02/11), yang menggunakan istilah “mata sipit” untuk menggambarkan orang Tiongkok dalam sebuah rekaman video pidato di hadapan para pengusaha yang bocor.

Dalam komentar itu, direkam secara diam-diam di sebuah acara di Hamburg sebelumnya pada bulan ini, Oettinger – komisaris bidang ekonomi digital yang pekan lalu ditunjuk menjadi komisaris anggaran – menghina seorang delegasi menteri Tiongkok karena “menyisir rambutnya dari kiri ke kanan dengan semir sepatu.”

Pengguna YouTube “Sebas Travelling”, yang mengunggah klip video tersebut Jumat lalu, mengatakan Oettinger menggunakan kata-kata “mata sipit” dan “pencuri” untuk merujuk orang-orang Tiongkok.

“Pernyataan relevan itu menunjukkan rasa superioritas mencengangkan di kalangan sebagian politikus Barat,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying di sebuah konferensi pers reguler.

“Kami harap mereka bisa belajar bagaimana menilai diri sendiri dan orang lain secara objektif dan memperlakukan orang lain dengan setara.”

Komentar itu dinilai “sedikit ceroboh yang sama sekali tidak dimaksudkan untuk merendahkan Tiongkok,” ujar Oettinger kepada surat kabar Die Welt pada Sabtu. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home