Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:55 WIB | Senin, 02 April 2018

Tiongkok Kenakan Bea Impor Atas Daging-Buah AS

Ilustrasi. Kacang-kacang impor dari Amerika Serikat di sebuah supermarket di Beijing, 23 Maret 2018. (Foto: VOA)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Tiongkok memberlakukan bea impor baru terhadap daging babi, buah-buahan dan sejumlah barang impor dari Amerika Serikat senilai $3 miliar sebagai balasan atas bea impor terhadap baja dan alumunium yang diberlakukan Presiden Donald Trump.

Kementerian Keuangan Tiongkok dalam sebuah pernyataan menyatakan tarif baru ini mulai diberlakukan Senin (2/4). Pengumuman ini dikeluarkan setelah sejumlah pejabat Tiongkok beberapa pekan ini menyampaikan peringatan atas peningkatan perselisihan dagang dengan Amerika.

Komisi Tarif dan Bea Cukai Tiongkok meningkatkan bea terhadap delapan produk impor Amerika, termasuk babi, hingga 2 persen. Kenaikan bea baru sebesar 15 persen juga diberlakukan terhadap 120 komoditi impor Amerika, termasuk buah-buahan.

Gedung Putih belum merespon permintaan Associated Press atas pengumuman Tiongkok itu.

Kenaikan tarif yang diberlakukan Tiongkok itu menyusul kenaikan bea masuk sebesar 25 persen untuk impor baja dan 15 persen untuk aluminium.

Tarif bea masuk yang diberlakukan Trump itu merupakan tanggapan terhadap keluhan bahwa Tiongkok telah mencuri teknologi atau menekan perusahaan-perusahaan asing untuk menyumbangkan teknologi mereka. (VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home