Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 14:14 WIB | Jumat, 30 Mei 2014

Tiongkok Tuan Rumah Thomas-Uber 2016

Tiongkok Tuan Rumah Thomas-Uber 2016
Bao Yixin (kiri) dan Tang JInhua (kanan) sebagai andalan ganda putri Tiongkok pada Piala Uber 2014. (Foto: alwaysbadminton.com).
Tiongkok Tuan Rumah Thomas-Uber 2016
Wang Shixian, salah satu andalan tunggal putri Tiongkok. (Foto: thestar.com.my).

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM – Kunshan (Tiongkok) terpilih sebagai penyelenggara Kejuaraan bulu tangkis beregu putra dan putri nomor satu dunia, Piala Thomas dan Uber 2016. Keputusan ini diambil Council Member Federasi Badminton Dunia (BWF) dalam rapat eksekutif di New Delhi, India, pada Kamis (29/5) malam WIB, atau beberapa hari seusai Piala Thomas dan Uber selesai dipertandingkan.  

Dalam keputusan council member BWF tersebut tidak hanya Kunshan (Tiongkok) yang kebagian menyelenggarakan kejuaraan bulu tangkis beregu, akan tetapi Lima, Peru terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan BWF World Junior Championships 2015.

Presiden BWF Poul-Erik Høyer mengatakan Kunshan memenangkan pemilihan kota penyelenggara tersebut usai bersaing ketat dengan Jakarta, Indonesia.

Para perwakilan dari Asosiasi Bulutangkis Tiongkok (CBA) tak dapat menyembunyikan kebahagiaan mereka saat pemenang bidding diumumkan.

“Ini adalah kali kedua kami ikut serta dalam bidding Major Event di bulutangkis dan akhirnya kami menang,” kata Guan Fengliang, Wakil Walikota Kunshan.

Indonesia tidak berkecil hati, karena masih dipercaya BWF sebagai penyelenggara BWF World Championships 2015, Jakarta merupakan kota yang diajukan PBSI untuk salah satu kejuaraan yang termasuk agenda resmi BWF tersebut.  

“Kami akan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan kami akan berkontribusi untuk mempromosikan bulutangkis ke penjuru dunia. Kami mengundang anda semua ke Kunshan untuk berbagi indahnya kota ini,” tambah Fengliang.

Kegembiraan wakil wali kota Kunshan seakan menjadi kado ganda bagi penggemar bulu tangkis negeri Tirai Bambu karena pada Sabtu (24/5) lalu, para pebulu tangkis putri Tiongkok berhasil menjadi pemenang Piala Uber 2014, setelah pada final yang berlangsung Sabtu (24/5) malam WIB menjungkalkan Jepang 3-1.

Bagi Tiongkok ini adalah gelar Piala Uber ke-13. Para gadis negeri Tirai Bambu masih jadi negara pengumpul trofi itu terbanyak, unggul dari Amerika Serikat, Indonesia, dan Jepang.

Sementara itu, meskipun Lima menjadi kota tunggal yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah kejuaraan bulu tangkis dunia junior BWF 2015, council member memastikan bahwa kota ini memenuhi kriteria yang diajukan sebagai tempat penyelenggaraan.

“Kami berterima kasih kepada BWF atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami,” kata Presiden Federasi Olahraga Bulu Tangkis Peru, Zarko Cukic. (bwfbadminton.org).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home