Loading...
INDONESIA
Penulis: Octavia Putri 19:15 WIB | Jumat, 17 September 2021

Tipe Kepribadian Manusia Alpha - Sigma, Kamu yang Mana?

(Foto: Ist)

SATUHARAPAN.COM Tipe kepribadian dari abjad Yunani ini hanya untuk bersenang-senang ya. Karena awal dirancang hewan, kebanyakan penelitian memanfaatkan hewan dan manusia melakukan perilaku atau hal yang sama, khususnya dalam bersosialisasi. Baik pria maupun wanita dapat dibagi menjadi enam tipe kepribadian yang sama, tetapi ada perbedaan antara masing-masing jenis kelamin.

ALPHA VS BETA VS GAMMA VS OMEGA VS DELTA VS SIGMA - Male Personality        ALPHA VS BETA VS GAMMA VS OMEGA VS DELTA VS SIGMA - Female Personality

Alpha. Tipe Alpha, umumnya adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi baik kemampuan, tindakan, dan emosinya. Biasanya menonjol dari kelompoknya. Ia juga mampu mendorong orang lain.

Laki-laki tipe alpha, memiliki banyak penggemar setia karena punya karisma alami. Dia mampu memimpin, memerintah, dan mendominasi. Cenderung menawan, menarik, dan mengekspresikan ide-idenya dengan penuh keyakinan. Ada kapasitas alami dalam dirinya untuk memikat orang lain melalui penampilan, kata-kata, dan tindakannya. Sehingga ia memiliki daya Tarik. Lalu, ia juga memahami tujuan dan prioritasnya. Dia tidak akan pernah menyia-nyiakan waktunya. Jika dia menyukai seseorang, dia akan mendekatinya tanpa ragu-ragu.

Perempuan dengan tipe alfa, umumnya tidak memiliki banyak teman dekat, tetapi populer dan disukai. Ia merasa aman dengan dirinya dan tidak suka menjatuhkan orang lain, serta akan membela apa yang benar. Ia menawan, cerdas, dan mandiri. Dia menikmati perhatian, tersenyum manis pada pria tapi dia punya rencananya sendiri. Dia berpendirian, keras kepala, dan ditentukan. Biasanya, dalam hubungan romantis, perempuan alpha bisa mengendalikan. Dia akan mengungkapkan perasaannya secara terbuka kepada pasangannya tanpa ragu-ragu.

Beta. Biasanya tipe beta adalah orang yang ramah, suka membantu, cenderung menghindari konflik, dan mampu beradaptasi.

Laki-laki beta adalah 'tipe suami' yang ideal untuk para wanita. Mereka adalah orang-orang baik, berbicara lembut, baik hati, sederhana, santai, dan bertanggung jawab. Merupakan tipe pendiam yang lebih banyak mendengarkan dan lebih sedikit berbicara. Kadang, laki-laki beta memiliki masalah kepercayaan diri dan cenderung canggung. Tipe setia dan agak penurut, sehingga mampu membentuk hubungan stabil yang tahan lama.

Perempuan beta, cenderung tidak suka mendominasi dan sangat dapat diandalkan. Ia mampu menjadi pendengar yang baik dan dapat dipercaya. Dia tahu bagaimana bergaul dengan semua jenis orang dan sering menyembunyikan perasaannya sendiri hanya untuk memuaskan orang lain. Karena sifatnya yang manis, dia bisa menjalin ikatan dengan semua orang. Ia peduli dan berempati. Dia sering mengabaikan minatnya sendiri dan mereka tidak menganggap diri mereka menarik. Ia juga tipe yang rela berkorban. 

Delta. Tipe delta merupakan komunikator yang handal. Ia senang meluangkan waktunya untuk orang lain. Mampu fokus pada apa yang harus dilakukan untuk kehidupan bukan hanya menunggu.

Laki-laki delta ingin orang lain mengenalnya dan menyukainya, tetapi dia tidak memiliki kapasitas untuk menarik perhatian. Dia bermimpi untuk melakukan sesuatu yang besar dengan hidupnya. Ia cukup sederhana dan pekerja keras, memiliki selera yang bagus. Memiliki ambisius dan melakukan segalanya untuk mendapatkan imbalan dari pekerjaan. Dia kompetitif dan cerdas. Tapi entah bagaimana dia tetap tidak terlihat oleh bosnya dan usahanya tidak diakui. Kadang, ia dalam hubungan romantic, cenderung tidak “menyediakan diri” secara emosional pada pasangan. 

Perempuan delta menyukai kesendirian. Ia mampu mencapai hal besar dan tidak peduli tentang kesuskesan. Cenderung periang dan menyukai ketenangan, tipe yang sabar. Dia membutuhkan waktu untuk berkomitmen pada suatu hubungan, seperti mengenal kekasihnya dan lebih suka berteman dulu. Dia yakin pada dirinya sendiri dan tidak suka terburu-buru. Sering cemas dan memiliki masalah kepercayaan diri meskipun dia menyadari nilainya. Dia selalu meningkatkan dirinya dan memiliki cita-cita yang tinggi dalam hidup. Memiliki komunikasi yang jujur dan terlihat agak lambat dalam bekerja tetapi akan menyelesaikan tugasnya. 

Gamma. Orang dengan tipe gamma, memahami nilai dalam dirinya, ia cukup percaya diri, mandiri, dan terorganisir. Ia cenderung fokus dengan dunianya, cenderung suka bersih-bersih.

Laki-laki tipe gamma cenderung kurang gigih untuk mencapai tujuannya karena memiliki banyak ide, cenderung sulit memulai dan memiliki banyak proyek yang belum selesai. Kadang kurang tekad dan ketekunan. Kadang, mereka tidak memberikan pendapat atau nasihat yang jujur. Cenderung memiliki masalah harga diri dan tidak pernah memiliki kepercayaan pada kemampuannya. Dia adalah tipe pria yang super sensitive.

Perempuan gamma, cenderung memiliki taktik. Ia tau apa yang diinginkannya dan punya rencana jangka panjang. Cukup cerdas dan dalam hubungan ia tidak mau bertahan dalam hubungan yang tidak cocok untuknya. Ia mampu kooperatif dan mau membantu teman-temannya tetapi tidak membiarkan mereka membuang waktu. Lingkungan rumah tipe gamma sangat bersih dan nyaman, mereka selalu memiliki rencana atau aturan.

Omega. Orang dengan tipe omega, cenderung suka memendam perasaannya sendiri, kadang sulit mengungkapkan perasaan secara bebas, sulit mendapatkan teman baru.

Laki-laki tipe omega, cenderung melihat kehidupan dari perspektif yang berbeda. Pria ini tidak mengejar kesuksesan, uang, atau wanita. Cenderung lebih santai terhadap kehidupan.  Kadang, dia memakai harga dirinya dan suka memamerkan prestasinya. Suka menjadi pusat perhatian dan menikmatinya ketika orang-orang mengandalkannya. Seorang laki-laki omega sering yang paling cerdas di antara rekan-rekannya, walaupun umumnya tidak sesukes alpha. 

Dalam kehidupan cinta, laki-laki omega akan mengendalikan pasangannya dan menginginkan hal-hal dilakukan sesuai keinginannya. Dia tidak menyukai wanita yang mencari banyak perhatian atau menuntut. Cenderung memiliki harapan yang tidak realistis yang paling sering tidak terpenuhi.

Perempuan omega adalah orang yang cerdas, mampu menjaga diri dan berpengetahuan. Ia dikatakan tipe ‘Nerd’ karena lebh suka menyelesaikan proyek sendirian bukan kelompok. Dia tipe yang suka membantu ketika diminta, tetapi tidak akan datang untuk menawarkan bantuan. Dia tidak peduli tentang apa yang orang lain pikirkan tentang dia dan dia mengungkapkan pandangannya tanpa ragu-ragu. Cenderung sensitif dan emosional kadang menutupi perasaannya. Dia cenderung tidak teratur dan agak berantakan.

Sigma. Tipe sigma adalah orang yang menarik, kuat, tetapi senang menghilang saat dibutuhkan.    

Laki-laki sigma merupakan orang yang cenderung tidak peduli pada situasi sosial karena memiliki aturannya sendiri. Terkenal dengan ‘dalang manipulatif’ karena suka keluar masuk seenaknya di lingkungan sosial. Ia juga menggunakan orang dan informasi untuk keuntungan diri sendiri. Laki-laki sigma percaya diri, cerdas, jenaka, dan memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik. Dia karismatik seperti alpha tapi dia tidak mendambakan perhatian. Wanita jatuh cinta padanya.

Dia super ambisius tetapi suka memiliki usaha mandiri dan lebih suka menjadi bosnya sendiri. Dia mengambil risiko dan sering bereksperimen dalam usaha baru. Dia tidak menyukai apa pun yang seperti rutinitas dan dapat diprediksi. Tidak memiliki banyak teman dan suka melakukan hal-hal sendiri daripada dengan sekelompok teman. Dalam kehidupan cintanya, dia merasa sulit untuk berkomitmen. Lebih suka memiliki romansa gairah yang berumur pendek daripada menetap secara permanen dengan seseorang.

Perempuan sigma merupakan orang yang kuat dank eras kepala seperti tipe alfa, tetapi ia mudah bergaul dengan banyak oran. Ia juga memiliki karismatik dan mampu menarik perhatian tanpa berusaha. Tidak seperti perempuan Alfa, ia tidak suka jadi sorotan. Menurutnya, pendapat orang lain tidak peting dan tidak tertarik mengesankan siapa pun. Ia tau apa yang diinginkan. Cenderung pendendam dan menginagt kesalahan orang lain, tetapi tidak suka bersaing dengan siapa pun. Ketika ia berada di satu pihak, ia akan membela pihak tersebut. Dia tidak terduga, glamor, dan memiliki tujuan hidup. Meskipun dia hanya memiliki beberapa teman, dia akan ada untuk mereka kapan pun mereka membutuhkannya.

Itulah gambaran tentang kepribadian versi abjad Yunani, jangan bingung kalau mendapatkan hasil semua dan mungkin memiliki beberapa kriteria dari kepribadian di atas karena manusia itu unik dan setiap orang berbeda. Mengingat pula penelitian ini diambil pada hewan dan hanya sebagai hiburan saja untuk bahan refleksi diri.


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home