Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:05 WIB | Rabu, 29 Juni 2022

Tips Indra Brasco - Mona Ratuliu Kelola Keuangan Keluarga

Tangkapan layar Indra Brasco dan Mona Ratuliu.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pasangan selebritas Indra Brasco dan Mona Ratuliu membagikan tips mereka dalam mengelola keuangan keluarga agar lebih teratur.

"Kita bisa mulai menetapkan ekspektasi bersama itu dengan pasangan. Dengan kita membicarakan finansial bersama, kita jadi tahu apa sih kebutuhan yang sedang dibutuhkan sekarang. Strateginya mau seperti apa, goals-nya seperti apa, kita saling terbuka," kata Indra saat diskusi daring, Rabu (29/6).

"Dengan kondisi seperti ini kita jadi bisa saling tahu apa yang dibutuhkan oleh pasangan kita. Apa sih yang aku butuhin gitu. Sehingga, dengan adanya diskusi ini akan membantu sekali untuk kita sama-sama berpegangan tangan, memberikan support agar benar-benar mencari solusi," sambungnya.

Menanggapi pendapat Indra, Mona pun mengatakan bahwa keterbukaan dalam komunikasi finansial memang penting. Tak hanya itu, menurut Mona bahwa pasangan kini dapat membagi tugas dalam mengatur perekonomian. Sehingga, beban tersebut tak hanya ditanggung oleh istri atau suami saja.

"Aku sih satu suara ya sama Indra. Yang penting komunikasi, terbuka, jadi ekspektasinya sama menyangkut si finansial ini. Terus buat aku sih, secara keluarga kan sekarang sudah nggak kayak dulu ya. Kita bisa berbagi tugas masalah finansial, misalnya kecil-kecil hari-hari aku yang fokus urus finansial. Yang gede-gede kayak bayar sekolah anak bisa Indra," ujar Mona.

Sementara itu, untuk mengedukasi anak terkait finansial, Mona mengatakan bahwa istri dan suami harus memiliki pendapat yang sama. Dengan demikian, anak pun dapat lebih menghargai uang, paham kerja keras, dan bisa menerapkan hidup hemat.

"Kalau soal mengedukasi anak soal finansial, ini mesti kompak juga sih sebagai orang tua. Biar nggak bingung. Misal ayahnya 'udah jajan saja', sementara mamanya 'udah hemat yuk hemat'. Jadi harus satu suara juga di depan anak-anak. Biar anak juga bisa menghargai uang, paham arti kerja keras, untuk dapat sesuatu nggak mudah, tentunya ujungnya biar dia nggak boros," jelas Mona.

Kemudian, di era serba digital ini Mona dan Indra pun juga memanfaatkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan. Sebab, platform digital dapat memudahkan keluarga dalam mengatur dan melihat alur keuangan yang lebih terstruktur.

"Terakhir kita juga mesti bisa manfaatin platform digital untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan keluarga. Trik ini paling benar-benar berguna. Apalagi untuk keluarga masa kini yang pengeluaran dan keinginannya banyak banget. Jadi lebih terstruktur," papar Mona.

"Platform digital ini juga berguna untuk edukasi finansial anak-anak. Biasanya akhir minggu atau akhir bulan, aku sama anak-anak suka review pengeluaran mereka apa saja. Dulu-dulu suka suruh catat tapi pada kelupaan terus. Sekarang kan jadi lebih ketahuan dan jelas," katanya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home