Loading...
KULINER
Penulis: Melki 15:53 WIB | Kamis, 05 Mei 2022

Tips Sajikan Steik Buatan Sendiri

Pembakaran steik. (Foto: pixabay)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sebagian orang memilih steik sebagai salah satu sajian saat berlibur.

Tak sedikit yang bahkan ingin memanggang dagingnya sendiri lalu menyantapnya bersama-sama anggota keluarga atau orang-orang terkasih.

Bagi Anda yang ingin menyantap hidangan steik buatan sendiri di masa liburan Lebaran saat ini misalnya, berikut tips dari chef Frothingham yang bisa Anda ikuti seperti dikutip dari Real Simple, Kamis (5/5).

1. Bersihkan panggangan
Pastikan panggangan Anda bersih dan diberi minyak seperti minyak canola sebelum Anda memulai. Sebaiknya jangan taruh terlalu banyak minyak karena dapat mempengaruhi rasa steak Anda.

2. Bersabarlah dengan arang
Jika Anda menggunakan arang, bersabarlah dan biarkan arang menyala dengan panas yang merata.

3. Diamkan daging dalam suhu ruang
Diamkan daging sebelum menyentuh panggangan. Biarkan pada suhu kamar selama sekitar satu jam sebelum Anda mulai memanggang, karena ini akan membuat steak matang lebih cepat dan lebih merata.

4. Jangan berhemat bumbu
Bumbui steik dengan garam dan lada hitam untuk meningkatkan rasa alami daging.

5. Biarkan steik di atas panggangan beberapa saat
Setelah steak berada di atas panggangan, biarkan saja. Bila Anda menusuknya misalnya dengan pisau, Anda berisiko mengeringkannya, dan jika Anda terlalu sering memindahkannya, dagingnya tidak akan mendapatkan kerak atau bekas yang bagus dari panggangan.

6. Diamkan daging setelah diambil dari panggangan
Setelah mengambil steik dari panggangan, diamkan sebentar sebelum memotongnya. Selama tahap ini, juice didistribusikan kembali, menghasilkan hasil yang lebih empuk.

7. Cara memanggang rib-eye
Rib-eye yakni potongan daging yang berlemak dan beraroma. Anda bisa membumbuinya dengan garam dan merica sebelum memanggangnya. Setelahnya, panaskan panggangan lalu masak daging selama sekitar 4-6 menit atau sampai mencapai kematangan yang Anda inginkan.

8. Cara Memanggang sirloin
Sirloin tidak memiliki pola khusus dan halus dari jaringan lemak pada serabut oto sebanyak rib-eye, tetapi bagian ini masih termasuk pilihan yang bagus untuk dipanggang. Marinasi dulu daging dengan garam dan merica secukupnya sebelum dipanggang. Masak sirloin selama sekitar 4-7 menit atau sampai mencapai kematangan yang Anda inginkan.

9. Sesuaikan suhu dengan tingkat kematangan
Suhu saat memanggang disesuaikan dengan tingkat kematangan yang Anda inginkan yakni: 46-48 derajat Celcius untuk Rare, 48-51 derajat Celcius bila menginginkan Medium-rare, kemudian 54-57 derajat Celcius untuk Medium, 60-62 derajat Celcius untuk Medium-well dan 65-68 derajat Celcius bila ingin menyantap daging dengan tingkat kematangan Well done.

10. Tips mengenali steik sudah matang
Orang-orang memiliki cara berbeda untuk menguji kematangan daging, tetapi cara paling andal untuk mengetahui kapan steik sudah matang yakni menggunakan termometer untuk daging.

Pastikan untuk menempelkan termometer ke bagian tengah steik, dan pastikan termometer tidak mengenai tulang. Jika Anda memanggang beberapa steik sekaligus, periksa suhu masing-masing steik.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home