Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:18 WIB | Kamis, 10 Desember 2015

Tokoh Tahun Ini: Angela Merkel Terpilih Karena Kasihnya

Angela Merkel berpose dengan salah satu pengungsi Suriah di luar kamp pengungsi di Berlin. (Foto: Reuters)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Majalah Time telah memilih Kanselir Jerman Angela Merkel sebagai Person of The Year atau Tokoh Tahun Ini dengan perannya dalam memimpin Eropa melalui krisis utang Yunani musim panas ini dan upayanya mendorong negara-negara lain untuk membuka perbatasan mereka bagi pengungsi Suriah.

Merkel adalah perempuan keempat yang pernah dianugerahi julukan Person of The Year oleh majalah Time, setelah majalah tersebut membuka diri terhadap calon kontestan perempuan pada tahun 1936. Tiga perempuan yang pernah dinobatkan dalam penghargaan serupa adalah Cynthia Cooper dari Worldcom, Coleen Rowley dari FBI dan Sherron Wattkins dari Enron.

Pada awal tahun 2005, Time mengatakan: “Merkel muncul sebagai pemain utama yang sangat dibutuhkan dalam menangani krisis utang Eropa dan memimpin Barat untuk merespons tindakan mengerikan yang dilakukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin terhadap Ukraina.”

"Tapi sekarang prospek kebangkrutan Yunani mengancam keberadaannya di zona Eropa. Migran dan pengungsi krisis Suriah menantang prinsip perbatasan terbuka. Dan akhirnya, pembantaian di Paris yang terjadi beberapa waktu lalu menghentakkan semua pihak yang pada akhirnya rakyat membatasi diri dan menjadi tidak percaya kepada siapapun."

Merkel digambarkan sebagai pendaki politik, seorang praktisi yang dimulai dari "politik langkah kecil", yang dipandang sebagai saingan tetap atau hanya main-main saja. Dia lahir Hamburg pada tahun 1954, pindah ke Jerman Timur sebagai anak kecil, tumbuh di belakang tembok pertahanan Soviet dan dilatih sebagai seorang ahli kimia kuantum.

Setelah memasuki dunia politik berusia 30-an, ia naik pangkat, menjadi kanselir terpilih pada tahun 2005. Ini adalah tahun ke-10 nya di kantor. Gaya pemerintahannya digambarkan oleh Time sebagai "tegas namun membosankan".

Namun, tahun ini, salah satu yang paling menggemparkan dalam sejarah Eropa baru-baru ini, telah menguji keberanian pemimpin Jerman, kata editor Time.

"Pemimpin diuji  ketika orang tidak lagi ingin mengikutinya," kata Editor Waktu Nancy Gibbs dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari Rabu (9/12). "Dia berani untuk meminta lebih dari negaranya dibandingkan kebanyakan politisi yang masih tidak berani, untuk berdiri tegas terhadap tirani serta kelayakan dan untuk menyediakan kepemimpinan moral teguh di dunia di mana itu sangat jarang ditemukan. Angela Merkel adalah Tokoh Tahun Ini.” (theguardian.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home