Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 19:11 WIB | Sabtu, 12 November 2016

Tokoh-tokoh Ini Disebut akan Masuk dalam Kabinet Trump

Presiden terpilih AS, Donald Trump berjabat tangan dengan Gubernur New Jersey, Chris Christie (Foto: Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah nama disebut akan masuk ke dalam kabinet Donald Trump, pengusaha properti yang secara mengejutkan terpilih sebagai presiden AS pada 8 November lalu.

Reuters, mengutip The Washington Post, mengatakan nama Senator dari Partai Republik yang tidak terpilih kembali dari negara bagian New Hampshire, Kelly Ayotte, kemungkinan akan menjadi menteri pertahanan.  Namun nama lain, Senator dari Alabama,Jeff Sessions, kemungkinan juga dapat diplot menjadi menhan.

Untuk posisi menteri luar negeri, nama mantan ketua DPR AS, Newt Gingrich, semakin menguat. Ia juga menjadi satu dari enam wakil ketua tim transisi pemerintahan Trump yang diumumkan pada hari Jumat kemarin (11/11).

Mantan Gubernur Alaska, Sarah Palin, juga disebut akan masuk ke kabinet Trump. Ia sempat akan dicalonkan sebagai calon wakil presiden, sebelum nama Mike Pence muncul. Belum diketahui untuk posisi apa Sarah Palin diusulkan di kabinet.

Jenderal purnawirawan Michael Flynn, yang juga dipilih menjadi salah satu wakil ketua tim transisi pemerintahan Trump, kemungkinan akan menjadi penasihat keamanan nasional. Namun ia juga sangat mungkin menjadi menteri pertahanan karena ia pernah menjadi Kepala Badan Intelijen Pertahanan.

Ben Carson, salah satu rival Trump dalam pertarungan untuk menjadi kandidat calon presiden dari Partai Republik, diperkirakan akan diberi kedudukan sebagai menteri kesehatan. Ahli bedah berkulit hitam ini kini masuk dalam tim transisi Trump sebagai wakil ketua.

Christ Christie, Gubernur New Jersey yang sebelumnya diplot jadi ketua tim transisi namun kini diturunkan menjadi salah satu wakil ketua, belum dipastikan apakah akan menduduki jabatan di kabinet. Ia sebelumnya merupakan calon kuat untuk posisi jaksa agung atau di bidang hukum lainhya. Tetapi Mantan Walikota New York, Rudy Giuliani, kini juga ikut membayangi. Giuliani kini adalah salah satu wakil ketua tim transisi.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Partai Republik, Reince Priebus, merupakan kandidat kuat untuk Kepala Staf Gedung Putih, menurut sumber yang dekat dengan tim kampanye Trump. namun CEO kampanye Trump, Steve Bannon, dapat juga menduduki posisi itu.

Untuk portofolio kabinet di bidang ekonomi, Trump diperkirakan akan mengandalkan orang-orang dari Partai Republik yang berpengalaman. David Malpass, mantan pejabat Departemen Keuangan dan Departemen Luar Negeri, dan Paul Atkins, mantan pejabat Securities and Exchange Commission, saat ini ditugaskan membimbing tim transisi dalam isu-isu ekonomi.

"Ini adalah salah satu area dimana ortodoksi Partai Republik akan muncul," kata Brandon Barford, mantan staf kongres Partai Republik kepada Reuters.

Sejumlah pengusaha ikut juga disebut akan masuk ke dalam kabinet Trump. Di antaranya, Steven Mnuchin; alumni Goldman Sachs, Forrest Lucas; co-founder Lucas Oil serta pengusaha Wilbur Ross disebut akan mengisi portofolio kabinet di bidang ekonomi.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home