Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:12 WIB | Senin, 02 November 2020

Topan Goni Melanda Filipina, 10 Tewas, Satu Juta Dievakuasi

Kendaraan untuk segala medan dijatuhkan oleh angin kencang dan banjir akibat Topan Goni saat menghantam Daraga, Provinsi Albay, Filipina tengah, hari Minggu (1/11/2020). Topan super ini menghantam Filipina timur dengan angin kencang, sehingga sekitar satu juta orang dievakuasi, termasuk di ibu kota, Manila, dan bandar udara internasional diperintahkan ditutup. (Foto: AP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Topan super bertiup ke timur Filipina dengan kekuatan bencana pada hari Minggu (1/11), menewaskan sedikitnya 10 orang dan memicu banjir lumpur vulkanik yang melanda sekitar 150 rumah sebelum melemah, kata para pejabat.

Topan Goni bergerak ke Provinsi Catanduanes saat fajar dari Pasifik dengan kecepatan angin 225 kilometer per jam dan hembusan 280 kilometer per jam, mengancam beberapa provinsi yang belum pulih dari topan mematikan yang melanda pekan lalu.

Goni menerobos daerah padat penduduk dan mengancam Manila, sehingga menutup bandar udara utamanya, tetapi topan bergeser ke selatan pada Minggu malam dan menyelamatkan ibu kota, kata badan cuaca pemerintah.

Setidaknya sembilan orang tewas di Provinsi Albay yang terpukul paling parah, termasuk seorang ayah dan anak. Penduduk desa melarikan diri ke tempat yang aman saat topan mendekat. Di kota Guinobatan, sekitar 150 rumah terendam oleh banjir lumpur vulkanik.

“Anak itu ditemukan 15 kilometer jauhnya,” Gubernur Albay, Al Francis Bichara, mengatakan kepada radio DZMM, menambahkan bahwa anak laki-laki itu tersapu lumpur dan ditemukan di kota berikutnya.

Dia tidak mengatakan apakah ada warga lain yang terjebak oleh luapan lumpur, dan menambahkan bahwa komunikasi yang terputus membuat orang sulit berkomunikasi. Kantor Pertahanan Sipil melaporkan bahwa tiga warga Guinobatan hilang, tetapi tidak segera jelas apakah mereka berasal dari komunitas yang dilanda lumpur.

Kematian lainnya di Albay termasuk seorang penduduk desa yang disematkan oleh pohon tumbang. Satu orang tewas di Provinsi Catanduanes.

Antisipasi Bencana Lanjutan

Ricardo Jalad, yang mengepalai badan tanggap bencana pemerintah, khawatir topan tersebut dapat menyebabkan kerusakan besar karena kekuatannya yang sangat besar. Badan cuaca Filipina memperkuat kekhawatiran tersebut, dengan mengatakan bahwa dalam waktu 12 jam setelah topan itu jatuh, orang-orang dapat menghadapi "bencana besar, angin kencang dan curah hujan yang deras."

Penduduk diperingatkan tentang kemungkinan tanah longsor, banjir besar, gelombang badai hingga lima meter dan angin kencang yang dapat menerbangkan atap. Tetapi setelah menghantam pegunungan dan berulang kali menghantam provinsi-provinsi pesisir, topan itu secara bertahap melemah, meskipun tetap berpotensi mematikan saat bertiup ke Laut China Selatan, kata peramal cuaca.

Salah satu topan paling kuat di dunia tahun ini, Goni membangkitkan ingatan akan Topan Haiyan, yang menyebabkan lebih dari 7.300 orang tewas atau hilang, meratakan seluruh desa, melemparkan kapal ke daratan dan membuat lebih dari lima juta orang mengungsi di Filipina tengah pada November 2013.

Bandara Udara Ditutup

Bandara utama Manila diperintahkan ditutup selama 24 jam dari Minggu hingga Senin, dan maskapai penerbangan membatalkan puluhan penerbangan internasional dan domestik. Layanan kereta komuter juga ditangguhkan dan kebijakan larangan berlayar diberlakukan oleh penjaga pantai karena khawatir atas kekuatan topan. Tentara dan polisi nasional, bersama dengan penjaga pantai, disiagakan penuh.

Jalad mengatakan hampir satu juta orang sebelumnya dipindahkan ke tempat penampungan darurat. Gimnasium Manila yang diubah menjadi tempat penampungan darurat, wabah COVID-19 menambah kekhawatiran warga yang mengungsi. Filipina mencatat lebih dari 383.000 kasus virus, terbanyak kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.

“Kami takut; ketakutan kami berlipat ganda,” kata Jaqueline Almocera, seorang pedagang kaki lima berusia 44 tahun yang berlindung di tempat penampungan.

Filipina dilanda sekitar 20 topan dan badai setiap tahun. Negara juga terletak pada "cincin api" Pasifik, tempat gempa bumi dan letusan gunung berapi biasa terjadi, menjadikannya salah satu negara paling rawan bencana di dunia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home