Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:20 WIB | Rabu, 15 Maret 2023

Topan Tropis Freddy Landa Malawi, 219 Tewas, 19.000 Mengungsi

Sebuah jalan yang menghubungkan dua kota Blantyre dan Lilongwe terlihat rusak akibat hujan lebat akibat Topan Tropis Freddy di Blantyre, Malawi Selasa, 14 Maret 2023. (Foto: AP/Thoko Chikondi)

MALAWI, SATUHARAPAN.COM-Topan Tropis Freddy yang menghancurkan yang melanda Afrika bagian selatan dalam pendaratan kedua yang jarang terjadi telah menewaskan sedikitnya 219 orang di Malawi dan Mozambik sejak hari Sabtu (11/3) malam, dengan jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat.

Hujan lebat yang memicu banjir dan tanah longsor telah menewaskan 199 orang di Malawi, kata pihak berwenang, hari Selasa (14/3). Presiden Lazarus Chakwera mengumumkan "keadaan bencana" di wilayah selatan negara itu dan ibu kota komersial Blantyre yang sekarang porak poranda. Sekitar 19.000 orang di selatan negara itu telah mengungsi, menurut direktorat manajemen bencana Malawi.

“Listrik dan komunikasi padam di banyak daerah yang terkena dampak, menghambat operasi bantuan,” kata Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB pada konferensi pers Selasa sore. Daerah yang paling terkena dampak tetap tidak dapat diakses sehingga kerusakan sepenuhnya sejauh ini tidak diketahui.

Laporan dari lembaga bencana Mozambik pada hari Selasa menegaskan bahwa 20 orang tewas di negara itu dan 1.900 rumah telah hancur di provinsi pesisir Zambezia. Puluhan ribu orang masih bersembunyi di tempat penampungan badai dan pusat akomodasi.

Topan Tropis Freddy akan terus mengguyur Mozambik tengah dan Malawi selatan dengan curah hujan ekstrem sebelum kembali ke laut Rabu sore, menurut proyeksi pusat meteorologi PBB di pulau Réunion.

Kelompok hak asasi manusia Amnesty International telah meminta masyarakat internasional untuk memobilisasi sumber daya dan meningkatkan upaya bantuan dan penyelamatan di kedua negara. Upaya bantuan di negara-negara sedang tegang dan sudah berjuang melawan wabah kolera ketika Freddy menyerang.

“Jelas bahwa jumlah korban tewas resmi akan meningkat baik di Malawi maupun Mozambik, begitu juga dengan laporan infrastruktur yang rusak,” kata Tigere Chagutah, direktur Amnesty International Afrika Timur dan Selatan. “Negara yang terkena dampak juga harus diberi kompensasi atas kerugian dan kerusakan yang disebabkan oleh topan.”

Pada November tahun lalu, negara-negara sepakat untuk memberi kompensasi kepada negara-negara yang terkena dampak cuaca ekstrem yang diperburuk oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. Siklon lebih basah, lebih sering, dan lebih intens saat planet memanas, kata para ilmuwan.

“Mozambik dan Malawi adalah di antara negara-negara yang paling tidak bertanggung jawab atas perubahan iklim, namun mereka menghadapi kekuatan badai yang semakin meningkat karena pemanasan global yang sebagian besar didorong oleh emisi karbon dari negara-negara terkaya di dunia,” tambah Chagutah.

Topan Tropis Freddy telah menyebabkan kehancuran di Afrika bagian selatan sejak akhir Februari. Itu juga menghantam negara pulau Madagaskar dan Réunion bulan lalu saat melintasi Samudra Hindia.

 

Siklon telah mengintensifkan rekor tujuh kali dan memiliki akumulasi energi siklon tertinggi yang pernah tercatat, atau ACE, yang merupakan ukuran berapa banyak energi yang dilepaskan siklon dari waktu ke waktu. Freddy mencatat lebih banyak energi selama masa hidupnya daripada seluruh musim badai di AS.

Freddy pertama kali berkembang di dekat Australia pada awal Februari dan ditetapkan sebagai siklon tropis terlama yang pernah tercatat. Badan cuaca PBB telah mengadakan panel ahli untuk menentukan apakah mereka telah memecahkan rekor yang dibuat oleh Badai John pada tahun 1994 selama 31 hari. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home